Tanya Dr Hasto

Tanya Dr Hasto*):

Bagaimana caranya supaya saat ejakulasi, sperma memancar sampai ke mulut rahim? Supaya istri bisa cepat hamil. (T003)

Dr Hasto Menjawab:

Sebenarnya  proses pembuahan tidak begitu sulit, semua orang yang berhasil ejakulasi pasti spermanya sampai ke mulut rahim. Karena vagina sendiri panjangnya cuma 9-11 cm. Panjang alat kelamin laki-laki saat ereksi juga segitu, jadi pasti sampai.

Begitu sprema ditumpahkan di depan vagina, sperma akan menggenang dan bisa berenang ke mulut rahim. Namun, kadang-kadang bentuk rahim juga mempengaruhi keberhasilan pembuahan. Ada rahim yang retrofleksi, yaitu rahim yang jatuh ke belakang.

Kalau rahim jatuh ke belakang, maka mulut rahimnya ke depan. Jadi saat hubungan suami istri mulut rahim tidak terendam, jadi tidak mudah hamil. Dalam kondisi hyper retrofleksi bisa dibantu dengan inseminasi dengan memasang selang untuk mengantar sperma ke mulut rahim.

Inseminasi itu bukan bayi tabung, ini tidak mahal biayanya. Bisa disederhanakan dengan biaya di bawah Rp 5 juta. Konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan untuk mencari tahu informasi lebih lanjut.

*) Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K)

BACA JUGA:

Punya pertanyaan seputar kesiapan pernikahan, kesehatan reproduksi, dan parenting? Yuk, tanya ahlinya, masukkan pertanyaanmu di kolom tanya jawab berikut ini.

Leave a comment