Tanya Dr Hasto

Tanya Dr Hasto*):

“Salah satu cara untuk melakukan tes fertilitas pada pria adalah memeriksa testis. Bagaimana caranya ya Dok?” (T001)

 

Dr Hasto Menjawab:

Periksa testis bisa dilakukan dengan mandiri dan cara yang biasa saja. Misalkan anak kecil laki-laki mulai lima tahun, atau malah belum lima tahun bisa dites, periksa apakah testisnya satu atau dua. Ini bisa dilakukan sambil memandikan anak laki-laki, raba dan periksa apakah testisnya ada dua. Kalau cuma satu segera datang ke dokter ahli bedah urologi. Nanti akan dipantau apa penyebabnya.

Ada kondisi tertentu yaitu Undescended Testicle dimana testis belum turun ke bawah, jadi harus ditunggu. Kondisi ini harus ditangani secara medis, dengan dicari dimana satu testis yang tidak turun. Kalau memang tidak turun dan tidak dicari bisa jadi kanker kelak ketika anak berusia belasan tahun. Karena itu lakukan pemeriksaan mandiri sejak dini.

Untuk pemeriksaan kesuburannya berbeda lagi. Harus ada tes untuk mengecek kualitas sperma. Ini harus dilakukan dengan prosedur medis.

*) Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K)

Punya pertanyaan seputar kesiapan pernikahan, kesehatan reproduksi, dan parenting? Yuk, tanya ahlinya, masukkan pertanyaanmu di kolom tanya jawab berikut ini.

Leave a comment