Ilustrasi pacar hobi selingkuh (Gambar oleh Sasin Tipchai dari Pixabay)

Dekat dengan seseorang sebelum menikah adalah proses mengenal calon pasangan. Dalam masa pacaran, kamu bisa menyeleksi dengan melihat sikap dan perilaku kekasihmu. Bagaimana jika pacar hobi selingkuh? Apakah layak diperjuangkan sebagai calon pasangan?

Kegalauain seperti itulah yang sedang dialami FZ. Sebenarnya, dia sudah memikirkan rencana menikah dengan kekasihnya karena sudah dekat selama dua tahun. Keluarga juga sudah saling mengenal.

Sayangnya, FZ selalu galau karena pacarnya suka genit gitu ke cewe lain, suka ngechat ke beberapa cewe lain, bahkan pernah ketahuan bersama cewe lain padahal masih dalam hubungan dengan FZ. Setiap kali ditegur dan diingatkan, janjinya akan berubah. Bahkan sampai berani sumpah mati untuk meyakinkan FZ.

Yang membuat FZ merasa berat adalah kenyamanan saat bersama FZ dan keluarga. FZ merasa pacacrnya masih layak diperjuangkan karena baik, sering memberi barang, selalu ada disaat marah.

Menjalani hubungan yang sehat dan jauh dari perselingkuhan merupakan dambaan dari semua orang. Namun seringkali hubungan itu ternoda oleh perselingkuhan. Perilaku orang yang selingkuh dan ketahuan oleh pasangannya cenderung meminta maaf dan berjanji untuk berubah serta tidak akan mengulangi perbuatannya.

Namun jika ia tidak sungguh-sungguh berubah justru ia cenderung akan lebih pandai dalam menutupi kebohongannya. Perilakunya pun menjadi lebih baik dan perhatian terhadap pasangan untuk meyakinkan pasangannya bahwa ia benar-benar sayang. Ike Astuti Dany Rosani, M.Psi., Psikolog – APKI memberi beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mempertahankan hubungan yang terlukai oleh perselingkuhan, antara lain :

1. Tenangkan Diri
Ambil waktu, tenangkan dirimu dengan melakukan relaksasi. Kelola pikiran dan emosi anda. Tanyakan pada diri kamu sendiri apa yang kamu inginkan pada hubungan anda selanjutnya setelah terjadi perselingkuhan. Rasa marah dan kecewa yang muncul sangat wajar terjadi namun jika anda memilih untuk mempertahankan hubungan, fokuskan pikiran untuk mencari solusi secara bersama lebih baik dari pada berfokus pada rasa marah dan kecewa.

2. Komunikasi Sehat
Lakukan diskusi bersama pasangan dari hati ke hati, berfokus pada penyebab terjadinya perselingkuhan dan mencari solusinya secara bersama-sama serta memperkuat komitmen.

3. Menjadi Pribadi yang Lebih Baik
Masing-masing melakukan evaluasi diri dan menjadikan diri lebih baik dari sebelumnya, meningkatkan ibadah, mensyukuri segala sesuatu yang telah diberikan Tuhan, meningkatkan potensi diri, saling menghargai pasangan serta menjalani hidup dengan sehat dan bahagia.

BACA JUGA:

Jika semua hal diatas telah dilakukan namun pasangan masih melakukan perselingkuhan, pikirkan baik-baik mengenai masa depanmu. Jika kamu ingin putus artinya kamu memberi kesempatan bagi diri sendiri untuk mendapatkan jodoh yang lebih baik. Jadi tidak perlu berlebihan memperlakukan pacar  seolah-olah dia lelaki idaman.

Kalau masih pacar saja sudah menunjukkan perilaku hobi mendua. mengapa harus dipertahankan? Masih banyak cowok yang baik ya.

Putuskan saja kisah cintamu. Kalau pacar anda telanjur memberikan barang-barang kembalikan barang-barang tersebut kalau masih ada. Kalau sudah tidak ada ya ganti kalau anda punya uang untuk menggantinya. So, jaga harga dirimu karena perempuan itu seperti gelas, bila retak sudah dianggap sebagai gelas yang cacat.

Percayalah, perempuan baik akan mendapat jodoh yang baik pula. Tinggalkan pacar yang hobi selingkuh sambil terus memperbaiki diri untuk mempersiapkan bertemu dengan jodohmu.

Leave a comment