Menghemat Biaya Pernikahan (Foto: IG @preweddingkeren)
Di masa pandemi ini, persoalan ekonomi menjadi hal yang cukup memusingkan termasuk bagi sebagian pasangan kekasih yang akan menggelar pesta pernikahan. Namun, sebetulnya kamu tetap bisa melangsungkan pernikahan yang sakral dan penuh makna dengan biaya yang tak sampai ratusan juta alias on a budget.
Namun, sebelumnya kamu dan pasangan harus menyepakati tentang pelaksanaan pernikahan dengan bujet yang terbatas. Kemudian, setelah kesepakatan itu diketahu kedua belah keluarga, kamu bisa mulai menyusun ide kreatif untuk membuat pernikahanmu tetap sarat makna.
Kamu bisa berselancar di dunia maya untuk mencari inspirasi ide kreatif. Kamu juga bisa mencari inspirasi dari pesta pernikahan yang pernah kamu hadiri.
Kamu juga bisa meminta bantuan saudara atau teman untuk membantu menyukseskan pernikahanmu misalnya dari sisi katering atau fotografi. Namun, kamu tetap harus ingat untuk membayar jasa mereka. Jangan asal dengan embel-embel harga teman, kamu bisa seenaknya terhadap jasa mereka.
Dengan konsep pernikahan yang unik dan sederhana ini, justru bisa menunjukkan uniknya karakteristik kamu dan pasangan. Upacara pernikahanmu pun tetap bisa menjadi acara yang patut diingat dan mengesankan.
Langkah berikutnya adalah menyusun daftar keperluan sesuai bujet yang kamu sediakan. Katakanlah bujetmu Rp50 juta. Saat menyusun daftar keperluan, ada baiknya kamu menentukan juga bujet masing-masing pos.
Hal ini akan memudahkanmu untuk punya gambaran pasti berapa bujet yang harus ditetapkan untuk tiap pos. Setidaknya ada 11 daftar yang direkomendasikan untuk membuat biaya pernikahanmu sesuai bujet.
1. Maskawin atau mahar
Dalam pernikahan mahar sudah menjadi hal lumrah yang diberikan sebagai hadiah kepada mempelai wanita dan keluarganya. Memang tidak ada aturan baku soal jenis dan jumlah mahar, namun sebaiknya mahar merupakan benda atau jasa yang bernilai ekonomi misalnya emas, uang tunai, perak, dan lainnya.
Misalnya saja kalau kamu ingin memberikan perhiasan emas seberat 10 gram sebagai mahar, kamu perlu menyiapkan uang sekitar Rp6-Rp7 juta. Hal ini berdasarkan harga emas per gram dengan kadar 70 persen pada 2020.
2. Cincin kawin
Keperluan lain yang perlu kamu pikirkan adalah cincin kawin. Umumnya berat satu cincin kawin 3-5 gram. Untuk bahannya bisa dari emas putih atau emas kuning. Jika kamu sepakat menggunakan cincin 4 gram, dana yang harus kamu siapkan kurang lebih Rp5-Rp6 juta (berdasarkan harga emas perhiasan tahun 2020).
3. Hantaran atau seserahan
Umumnya hantaran berupa perlengkapan wanita seperti baju, tas, sepatu, make up, hingga peralatan salat. Dalam hantaran kadang ditambahi kue dan buah-buahan. Untuk biaya sederhana keperluan ini memerlukan biaya sekitar Rp2-Rp5 juta.
4. Venue dan dekorasi
Untuk venue dan dekorasi kamu perlu mengalokasikan sekitar 30% atau sekitar Rp15 juta kalau bujet totalmu Rp50juta. Jika mau hemat, kamu bisa memilih balai pertemuan warga, balai serbaguna, aula sekolah, atau kamu bisa memanfaatkan halaman rumah. Menyewa tempat seperti ini umumnya jauh lebih murah daripada menyewa gedung perkantoran atau hotel. Tempat publik seperti ini biasanya dapat disewa dengan tarif Rp2-Rp5 juta.
Untuk dekorasi, carilah yang minimalis namun tetap elegan di masa PPKM darurat. Kesakralan lebih utama, apalagi tamu juga terbatas hanya keluarga dekat saja.
5. Katering
Bujet keperluan yang satu ini sangat tergantung dengan jumlah tamu yang kamu undang. Agar tetap sesuai dana yang kamu siapkan, kamu perlu mengalokasikan maksimal 30% atau Rp15 juta khusus untuk katering. Untuk gambaran, kalau total tamu yang diundang adalah 200 hingga 300 orang, carikah katering yang menawarkan paket sekitar Rp40.000 hingga Rp50.000 per pax. Pastikan rasanya enak ya.
Kamu juga bisa memilih venue yang menyediakan paket dengan katering, hiburan, MC, bahkan kue pengantin sekaligus. Ini untuk memangkas biaya pengeluaran. Alternatif lain, minta bantuan teman untuk membuatkan menu dan masakan sesuai bujet yang kamu tetapkan.
6. Make up dan baju pengantin
Kamu bisa memangkas biaya dengan menyewa baju pengantin. Alasannya, baju pengantin hanya akan kamu pakai sekali seumur hidup. Pilihlah tempat penyewaan baju pengantin yang terjangkau dengan estimasi biaya maksimal Rp5 juta yang meliputi 2 baju untuk masing-masing mempelai, 4 seragam orang tua, rias pengantin, rias orang tua dan keluarga, dan seragam saudara.
7. Undangan dan cendera mata
Untuk berhemat kamu bisa membuat undangan berbasis digital melalui layanan situs perencana. Meski ingin tetap membuat undangan fisik, kamu bisa membuat sendiri dengan aplikasi desain yang praktis seperti Canva. Sementara untuk cendera mata, kamu bisa buat sendiri. Selain lebih hemat akan lebih bermakna jika dibuat secara homemade. Alokasikan anggaran sekitar Rp2 juta untuk undangan dan suvenir. Kamu bisa menjadikan souvernir ini sebagai bingkisan yang dikirim kepada orang-orang terdekat yang memberikan ucapan selamat.
8. Persyaratan nikah
Salah satu cara menggelar pernikahan sederhana dengan menggelar akad nikah di KUA. Kalau kamu tidak mau mengeluarkan sepeserpun untuk KUA, pertimbangkan untuk menikah langsung di KUA pada hari kerja. Sementara untuk biaya KUA di hari libur sekitar Rp600.000. Kamu bisa mengalokasikan maksimal Rp1 juta buat biaya KUA, pengurusan berkas-berkas pernikahan, sekaligus biaya transportasi selama mengurus.
9. Dokumentasi
Kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang buat dokumentasi. Kalau punya teman yang punya hobi fotografi, kamu bisa manfaatkan jasanya dengan tarif yang lebih terjangkau. Sebaiknya, batasi anggaran maksimal Rp3 juta untuk biaya ini.
10. Hiburan
Kalau kamu mau mengeluarkan biaya pernikahan sederhana, kamu bisa mengundang teman atau keluarga untuk menyanyi sehingga biaya yang dikeluarkan hanya untuk biaya alat musik atau organ tunggal. Cara ini juga bisa menambah keseruan acara pernikahan kita. Jasa penyanyi pernikahan biasa berkisar Rp1 juta hingga Rp2 juta belum termasuk biaya latihan, busana, dan alat musik. Untuk itu, sediakan bujet maksimal Rp3 juta. Nah, biaya ini bisa dihilangkan saat PPKM darurat diberlakukan, karena tidak boleh ada pengumpulan massa, jadi pakai speaker aktif untuk memutar lagu favorit pengantin bisa jadi gantinya.
11. Biaya tak terduga
Dari total anggaran itu, kamu masih punya sisa Rp1 juta untuk biaya tak terduga. Biaya tes anti gen bisa dimasukkan dalam anggaran ini. Selain itu untuk alat pelindung diri juga perlu disiapkan untuk memastikan protokol kesehatan bisa dilakukan dengan baik.
Itulah rekomendasi daftar keperluan pernikahan yang bisa kamu pertimbangkan. Daftar anggaran itu bisa menjadi sangat fleksibel tergantung kebutuhan pengantin dan sesuai bujet yang kamu miliki.

Leave a comment