Rasa galau sebelum menikah adalah hal wajar bagi pasangan. Ada saja alasan untuk mempertanyakan keseriusan calon suami atau istri. Karena itu dalam setiap relasi baik itu relasi dalam pacaran ataupun relasi dalam pernikahan adalah penting untuk mengenali pasangan dalam usaha menciptakan hubungan yang harmonis dan mempererat hubungan yang sedang dijalankan.

Dasar dalam setiap hubungan yang baik adalah adanya komunikasi yang baik yang dilakukan kedua belah pihak kepada pasangannya. Komunikasi yang tepat adalah komunikasi yang dilakukan dua arah, antara kamu ke pasangan kamu dan begitu pula sebaliknya. Nah ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan dalam berkomunikasi dengan pasangan dalam usaha mengenali pribadinya lebih dalam yaitu:

1. Tanamkan Kepercayaan Diri

Sebelum mempercayai orang lain, percayailah dirimu sendiri. Kamu harus merasa percaya diri untuk melakukan komunikasi dengan pasanganmu. Kamu juga perlu untuk memiliki sikap asertif (berani membuka pembicaraan), perlu untuk memiliki sikap keterbukaan, dan mau menjadi pendengar yang aktif.

2. Komunikasi Terbuka

Ketika kamu ingin mengenal pribadi calon pasangan dengan lebih dalam, maka siapkan topik-topik yang dapat membuat kamu semakin mengenalnya. Misalnya topik tentang apa yang disukai atau tidak disukainya, topik apa kira-kira yang bikin dia senang ataupun sedih, apa hal yang suka ia lakukan atau tidak suka ia lakukan terkait hobi dan minat, bisa juga menanyakan tentang plan atau tujuan dia di masa depan.

Bahkan untuk hal yang sensitif misalnya apa pendapat dia tentang seks, apa yang ia sukai dari aktivitas seks bisa juga ditanyakan. Nah pertanyaan-pertanyaan ini ditanyakan dengan cara yang santai, tidak seperti menginterogasi pasangan.

BACA JUGA: 

3. Lakukan Aktivitas Bersama

Luangkan waktu lebih banyak untuk melakukan aktivitas bersama. Dari sini kamu bisa melakukan pengamatan akan cara ia merespon sesuatu, cara ia menyelesaikan suatu masalah, cara ia membawa dirinya dalam berbagai situasi dan aktivitas. Nah ini bisa juga membantu kamu untuk mengenali pasangan kamu lebih baik.

4. Kenali Keluarga, Teman, dan Lingkungan Pekerjaannya

Kenali lingkungan keluarga pasangan kamu, lingkungan pertemanan pasangan kamu dan lingkungan pekerjaannya, tidak ada salahnya juga ikut dalam aktivitas pasangan dan teman-temannya atau ikut saat ada aktivitas gathering yang diselenggarakan tempat bekerja pasangan (jika memungkinkan) agar lebih mampu mengenali karakter, sikap dan juga respon pasangan akan hal-hal yang ada disekitarnya.

Tetaplah memberikan apresiasi atau pujian akan hal-hal baik atau positif yang calon suami atau calon istri lakukan. Ini penting untuk membuat dia merasa kamu menghargai usaha-usaha dia dan membuat dia menjadi lebih percaya diri jadi pasangan kamu.

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Artikel Ini?
+1
2
+1
13
+1
0
+1
1

Tinggalkan Komentar