Ilustrasi Siap Nikah (Freeimages)

Menikah merupakan salah satu puncak pencapaian hidup manusia di usia remaja. Setelah menikah, manusia melanjutkan tugas hidupnya sebagai manusia dewasa yang siap bertanggungjawab secara mandiri. Meneruskan keturunan dan membina rumah tangga yang harmonis.

Untuk berani menikah, banyak persiapan yang harus dilalui. Apakah kamu sudah yakin? Ikuti 9 langkah menuju siap nikah berikut ini jika kamu sudah yakin.

1. Memantapkan Hati
Karena yang paling utama dalam menikah adalah memiliki pasangan, maka langkah pertama adalah memantapkan hati. Jika kamu muslim, kamu bisa shalat istikharah, dengan doa-doa memohon kemantapan hati dalam memilih pasangan.

Kamu juga bisa memusyawarahkan dengan pihak-pihak yang dipercaya. Mempertimbangkan baik dan buruknya pilihan bisa dilakukan secara obyektif oleh orang lain. Pada saat yang sama, teliti apakah ada halangan perkawinan baik menurut hukum agama maupun menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku. Ini penting untuk mencegah terjadinya penolakan atau pembatalan perkawinan karena tidak sesuai peraturan.

2. Meminta Restu Orangtua
Waktunya memperkenalkan calon pasangan kepada orangtua untuk meminta restu. Bagi calon mempelai perempuan, ia harus mendapat izin dan persetujuan dari walinya, dalam hal ini adalah ayah kandungnya. Namun tidak cukup hanya dengan persetujuan ayah kandung selaku wali, ibu juga sangat penting untuk diminta persetujuan. Restu kedua orang tua sangat menentukan keberhasilan membangun rumah tangga nantinya.

3. Melamar
Jika orangtua sudah memberikan lampu hijau, kamu bisa melamar calon istri. Lamaran pihak laki-laki harus disampaiakn kepada wali perempuan; atau perempuan menyampaikan pinangan kepada laki-laki. Harus diingat, lamaran bukan berarti kamu sudah sah menjadi suami istri ya, jadi belum halal untuk melakukan aktivitas yang layaknya dilakukan suami istri. Lamaran ini ibarat pagar, agar calon pasangan tidak didekati oleh calon yang lain. Setelah lamaran, orangtua akan memberikan rekomendasi tanggal menikah.

4. Tentukan Tempat Menikah
Diskusi tempat menikah bukan lagi menjadi diskusi kamu berdua dengan pasangan saja. Tetapi sudah menjadi ranah diskusi keluarga. Anda juga harus bisa menemukan sebuah tempat yang tepat untuk menggelar pernikahan.
Jika ingin menikah di gedung, semakin cepat mendapatkan tempat, maka semakin baik dan hemat biaya yang dikeluarkan. Sesuaikan kapasitas tempat ini dengan jumlah tamu yang akan diundang bersama pasangan nanti, agar acara pernikahan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Jika ingin lebih hemat, lakukan pernikahan di rumah Anda atau pasangan bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan, apalagi jika ternyata kondisi rumah memang memadai untuk hal ini.

BACA JUGA:

5. Mengurus Administrasi Pernikahan
Proses administratif dalam pernikahan dilakukan dengan memberitahukan Kehendak Nikah kepada Pegawai Pencatat Nikah (PPN) di wilayah yang akan dilangsungkannya akad nikah. Pemberitahuan Kehendak Nikah berisi data tentang nama kedua calon mempelai, hari dan tanggal pelaksanaan akad nikah, data mahar (maskawin) dan tempat pelaksanaan upacara akad nikah.

6. Siapkan Undangan
Jika ingin berhemat, maka membatasi jumlah undangan yang datang adalah langkah yang paling tepat. Pilih dan undang hanya teman-taman dekat saja bersama dengan keluarga lainnya, agar biaya pernikahan dapat ditekan dengan baik.

Jumlah undangan akan sangat mempengaruhi jumlah uang yang keluar dalam acara pernikahan ini, jadi wajib dipertimbangkan dengan baik sejak awal. Undangan yang banyak juga akan berbanding lurus dengan biaya katering, souvenir, dan bahkan gedung yang akan disewa dan gunakan nanti, sehingga Anda harus benar-benar memperhitungkannya dengan sangat matang.

7. Siapkan Katering
Pilih layanan katering yang tepat, tentunya dengan rasa yang enak dan biaya yang juga tidak terlalu mahal. Tidak harus selalu menggunakan jasa katering besar dan sudah terkenal, sebab ini biasanya akan identik dengan harga yang mahal.

Kamu dan pasangan bisa meminta rekomendasi katering ini dari kerabat atau bahkan teman-teman yang telah melangsungkan pernikahan sebelum Anda, sehingga tidak akan kecewa dengan rasa makanan yang mereka sajikan nanti.

8. Perhitungkan Biaya
MC, hiburan dan juga fotografi adalah hal yang wajib dalam sebuah pernikahan, sehingga kamu tetap harus mengupayakan ketiga hal ini dengan baik. Namun jika ingin berhemat, maka bisa menggunakan jasa teman-teman, kerabat atau bahkan kolega yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan acara nanti.

Hubungi mereka sejak awal dan bicarakan tentang hal ini, termasuk dengan sejumlah dana yang dianggarkan untuk kebutuhan tersebut, sehingga mereka dapat mengerti dan mempersiapkan diri dengan baik untuk acara nanti.

9. Siap Nikah
Yes, semua persiapan sudah dilakukan. Kamu sudah siap nikah. Tinggal menunggu tanggal pernikahan. Utamakan yang sahnya pernikahan baik secara agama maupun secara negara. Pesta pernikahan adalah upaya pemberitaan kepada khalayak dan ungkapan syukur atas terjadinya pernikahan. Di masa pandemic corona, pernikahan harus tetap mematuhi prosedur kesehatan yang ketat. Ikuti semua protocol agar pesta pernikahanmu tidak berubah menjadi air mata..

Leave a comment