Ilustrasi pernikahan (Gambar oleh StockSnap dari Pixabay)

Tanya Tim Ahli:  Mau tanya dok, gimana supaya tidak terasa perih dan sakit saat berhubungan intim bagi wanita untuk pertama kalinya. Terima kasih. (AS)

Tim Ahli* Menjawab:

(*dr. Dyana Safitri Velies, Sp.OG(K))  Rasa perih dan sakit saat berhubungan intim pertama kali seringkali dikaitkan dengan proses penetrasi penis saat vagina masih kering. Penting bagi pasangan untuk melakukan pemanasan atau foreplay agar vagina menjadi basah dan penetrasi menjadi lebih nyaman.

Nyeri saat berhubungan dapat disebabkan oleh berbagai penyebab. Penyebabnya dapat bersifat psikis maupun fisik. Penyebab nyeri secara psikis mulai dari adanya ketidakpahaman mengenai hubungan intim, adanya riwayat pelecehan atau kekerasan seksual di masa lampau, adanya persepsi yang salah mengenai hubungan intim, adanya perasaan bersalah dari riwayat melakukan hubungan intim di luar nikah di masa lalu.

BACA JUGA: Tips Melalui Malam Pertama Tanpa Rasa Sakit

Penyebab nyeri secara fisik diantaranya adalah adanya kondisi patologis di saluran vagina, seperti infeksi atau endometriosis, atau gangguan ekskresi pada kelenjar bartolin yang terdapat di muara vagina, yang memiliki fungsi mengeluarkan cairan pelumasan saat melakukan hubungan intim.

Untuk menghindarkan nyeri saat berhubungan intim pertama kali, penting dijaga situasi yang nyaman untuk kedua belah pihak, kesehatan dan kebersihan alat kelamin baik untuk suami maupun istri, dan hindari hubungan intim yang dilakukan terburu-buru, supaya dapat menghindarkan timbulnya rasa nyeri saat berhubungan intim pertama kali.

Leave a comment