Wanita Mandiri Cocok untuk Calon Istri (Foto dari Pixabay)

Pria harus memastikan dirinya siap finansial sebelum menikah. Ketika pria sudah memiliki penghasilan tetap, mampu mencukupi kebutuhan sendiri, baru berfikir untuk menentukan calon istri. Biasanya, pria yang mapan mengharapkan pasangan wanita mandiri.

Ada yang mengatakan, wanita yang mandiri adalah ancaman. Pria akan terintimidasi jika pasangan pintar, kuat, cerdas, juga mandiri. Tapi, itu hanyalah mitos lama.

Seiring perjalanan waktu, muncul kesadaran bahwa rumah tangga adalah upaya untuk membangun masa depan anak dan keluarga berkualitas, sehingga banyak pria yang memilih mencari wanita mandiri sebagai calon istri.

Definisi kuat tidak lagi hanya dimaknai dengan kuat secara fisik, tetapi tangguh menghadapi segala cobaan. Wanita cerdas tahu pentingnya kolaborasi untuk mencapai tujuan bersama, jadi tidak akan meremehkan suami.

Lantas bagaimana dengan wanita mandiri? Berikut 5 alasan wanita mandiri cocok dipilih menjadi istri.

1. Bisa Mengendalikan Keuangan dengan Baik
Wanita yang mandiri memiliki pengalaman dan kemampuan yang cukup dalam mengelola keuangan pribadi. Dia bisa mengendalikan pemasukan dan pengeluaran dengan baik. Idealnya dalam rumah tangga pengeluaran tidak boleh melebihi pendapatan. Karena sudah terbiasa mengelola keuangan sendiri, maka setelah menikah dan menyatukan pendapatan, istri yang mandiri punya kemampuan lebih untuk menyusun rencana keuangan keluarga dan menata keuangan untuk mencapai tujuan keuangan keluarga.

2. Bisa Dipercaya
Ketika sudah menikah dan memiliki anak, kamu akan merasa tenang meninggalkan anak-anakmu dalam asuhan istri yang mandiri. Kamu yakin bahwa istrimu akan bisa menjaga anak ketika kamu tidak di rumah. Wanita yang mandiri juga tahu bagaimana pentingnya memegang janji, karena dia memperlakukan orang sama baiknya dengan keinginannya diperlakukan baik oleh orang lain sehingga bisa dipercaya.

3. Tenang Menghadapi Masalah
Tidak mungkin dalam rumah tangga tidak ada masalah sama sekali. Pasti akan ada masa di mana masalah menjadi cobaan untuk menguatkan hubungan suami istri. Wanita mandiri bisa menghadapi dengan tenang setiap masalah yang datang, dia sadar komitmen menikah harus diperjuangkan. Tidak gegabah mengambil langkah untuk menyelesaikan masalah. Bahkan jika ada masalah anak, kamu tidak terlalu khawatir, dengan komunikasi kamu bisa mendukung istri menyelesaikan masalah tersebut.

BACA JUGA:

4. Sosok Ibu Idaman Anak
Wanita yang mandiri bisa menjadi sosok ibu yang kuat dan tangguh. Ibu adalah madrasah atau sekolah pertama bagi anak-anaknya. Ibu adalah teladan bagi anak-anaknya. Karena itu, memiliki istri mandiri berarti memiliki contoh nyata sosok mandiri untuk diteladani anak-anak.

5. Tenang Jika Ada Musibah
Alasan ini biasanya tidak ingin disebutkan karena dianggap tabu. Bagaimana kalau suami meninggal lebih dulu? Siapa yang akan menjaga anak-anak?

Wanita mandiri memberi jawaban yang pasti. Melihat istri yang mandiri akan membuatmu yakin apapun musibah yang dihadapi, dia akan tetap tenang, bertahan, dan melanjutkan hidup. Meskipun tidak diakui, tapi banyak pria meyakini hal tersebut dalam hati ketika memilih wanita mandiri untuk dijadikan istri.

Leave a comment