NIlai Dasar Agama (Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay)

Agama adalah kebutuhan dasar bagi setiap manusia yang ada sejak dalam kandungan. Keluarga adalah tempat pertama seorang anak mengenal agama. Keluarga, dalam hal ini pasangan suami istri, wajib menanamkan, mengembangkan, dan mengamalkan nilai dasar agama sehingga anggota keluarga menjadi manusia yang berakhlak baik dan bertaqwa.

Masing-masing individu perlu mengetahui dan sadar dengan tanggung jawab yang dipikulnya, termasuk dengan pengetahuan akan eksistensinya sebagai manusia yang diciptakan oleh yang Maha Pencipta. Manusia pada hakekatnya diciptakan tak lain adalah untuk menyembah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Karena itu, sangat pantaslah sekiranya setiap langkah yang akan dituju oleh setiap manusia hanyalah mengharap atas ridho dari Tuhan.

Dalam hidup, perjalanan setiap manusia sesungguhnya tak lepas dari sekadar menjalani sebuah skenario yang telah digariskan oleh Tuhan. Sehingga, masing-masing orang satu sama lain baik rezeki, musibah, dan takdir pasti tidak akan sama, karena ini adalah kerahasiaan dari Sang Pencipta.

BACA JUGA:

Dalam fungsi agama, terdapat 12 nilai dasar yang mesti dipahami dan ditanamkan dalam keluarga. 12 nilai dasar tersebut diantaranya:

1. Iman, yang dimaksud dengan iman yaitu percaya dalam hati bahwa Tuhan itu ada kemudian dibuktikan dengan perbuatan.

2. Taqwa, yang dimaksud dengan taqwa adalah mengamalkan segala sesuatu yang diperintahkan dan menghindari segala yang dilarang Tuhan YME.

3. Jujur, yaitu menyampaikan apa adanya.

4. Tenggang rasa, ditandai dengan adanya kesadaran bahwa setiap orang berbeda dalam sifat dan karakternya.

5. Giat dalam memenuhi hak dan kewajiban anggota keluarga.

6. Kesalehan, maksudnya adalah memiliki nilai moral yang tinggi dengan melakukan sesuatu yang benar secara konsisten.

7. Ketaatan, maksudnya dengan segera dan senang hati melaksanakan apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab.

8. Suka membantu, memiliki kebiasaan menolong dan membantu orang lain tanpa mengharapkan imbalan.

9. Disiplin, maksudnya menepati waktu, mematuhi aturan yang telah disepakati.

10. Sopan santun, maksudnya adalah seseorang yang berperilaku sesuai dengan norma-norma dan nilai-nilai agama.

11. Sabar dan ikhlas, maksudnya kemampuan seseorang untuk menahan diri dalam menginginkan sesuatu serta dalam menghadapi suatu kesulitan.

12. Kasih sayang, merupakan ungkapan perasaan dengan penuh perhatian, kesadaran, dan kecintaan terhadap seseorang. Memberikan kasih sayang kepada sesama juga kepada makhluk ciptaan Tuhan YME adalah nilai dasar agama yang perlu dijalani dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a comment