Persiapan Pernikahan (Foto: Le Blanc Wedding Planner & Organizer)

Melangkah ke tahap pernikahan pasti impian setiap pasangan kekasih. Membuat pesta yang diimpikan juga menjadi salah satu bagian yang pastinya diharapkan. Namun, kadangkala pasangan lupa tidak memikirkan seberapa banyak anggaran yang perlu dikeluarkan untuk membuat pesta.

Kamu dan pasangan pasti ingin membuat pesta semeriah mungkin. Namun, perlu kamu lihat seberapa kemampuanmu supaya tidak menimbulkan hutang. Perlu diingat menggelar pesta pernikahan tidak haruslah mewah dan mahal yang mengharuskan menguras pengeluaran. Jangan sampai karena termakan gengsi, akan berbuntut membebani di masa depan.

Melaksanakan prosesi pernikahan pastinya akan menghadapi banyak kendala salah satunya biaya. Dalam hal ini tabungan kamu dan pasangan bisa saja terkuras untuk biaya-biaya yang diperlukan.

Namun, tidak perlu bimbang apakah kamu bisa atau tidak membuat pesta pernikahan. Intinya untuk membuat pesta pernikahan tidak perlu yang sangatlah meriah dan mewah. Kamu hanya perlu membuatnya sesuai dengan budget yang ada.

Kamu pun bisa membuat pesta pernikahanmu terkesan mewah dengan budget yang ada tanpa rasa takut dan bimbang.

1. Buatlah rencana pesta sendiri
Banyak pasangan mungkin lebih memilih untuk menggunakan Wedding Organizer (WO)/ Event Organizer (EO) ketika akan menilah. Alasannya, dengan menggunakan jasa WO akan lebih efisien dan tidak menggeluarkan banyak tenaga dan waktu. Semua keperluan yang kamu inginkan semua akan diurus oleh tim. Tetapi, dengan menggunakan jasa WO berarti kamu akan menggeluarkan biaya tambahan.

Keinginan untuk membuat pesta yang diimpikan bisa juga dengan merencanakannya sendiri. Tidak ada salahnya jika kamu terlibat langsung mulai dari urusan merencanakan, survei, dan menentukan sendiri apa yang dibutuhkan untuk acara pesta. Selain mendapatkan keuntungan dengan membandingkan langsung vendor satu dengan yang lainnya, ini juga bisa menghemat pengeluaran biaya pengeluaran.

2. Libatkan keluarga
Tidak semua urusan persiapan pernikahan harus kamu dan pasangan yang mengurusnya. Jika kamu tidak menggunakan WO, kamu bisa melibatkan peran keluarga untuk membantu mengurus keperluan yang lainnya. Peran keluarga juga bisa menjadi pertimbangan untuk memutuskan sesuatu selain dengan pasangan.

Selain peran keluarga, kamu bisa juga meminta bantuan kepada teman-teman. Jika ada banyak yang membantu pasti akan lebih mudah untuk mengurus rencana pernikahan. Karena pada saat acara pesta berlangsung pastinya tidak mungkin kamu akan memegang handphone terus menerus dan mengurus keperluan lainnya.

3. Perhitungkan dana pernikahan
Hal utama yang perlu diperhatikan saat merencanakan pesta pernikahan adalah biaya pernikahan. Alangkah baiknya kamu membuat rencana anggaran dana pernikahan agar pengeluaran yang sudah direncanakan tidak membengkak. Kamu perlu membuat daftar pengeluaran untuk bisa merinci apa saja yang dibutuhkan mulai dari hal besar hingga hal-hal kecil.

Jika sudah memperhitungkan dana pernikahan dan sudah membuat anggarannya kamu dapat segera memesan vendor-vendor yang dibutuhkan seperti gedung, katering, dekor dan lainnya. Mungkin saja jika kamu memesan persiapan yang diperlukan jauh-jauh hari akan mendapatkan potongan harga atau diskon. Tentu hal ini akan lebih menguntungkan dalam menekan pengeluaran biaya pernikahan.

BACA JUGA: Jangan Cuma Soal Pesta, Catin Wajib Tahu Bagaimana Merencanakan Berkeluarga

4. Pilih perlengkapan yang murah dan berkualitas
Menyiapkan perlengkapan untuk pernikahan tidak harus mahal. Hal ini bisa kamu lakukan agar bisa menekan baiya pernikahan. Kamu bisa membeli perlengkapan seperti undangan, suvenir, seserahan dan lain sebagainya dengan hanya yang murah tetapi tetap berkualitas.

Dengan memilih perlengkapan yang murah tetapi tetap berkualitas dapat mengurangi biaya dan dapat dialihkan ke biaya kebutuhan lainnya yang lebih penting.

5. Batasi jumlah undangan
Ternyata jumlah undangan juga dapat berpengaruh terhadap biaya yang dikeluarkan untuk pesta pernikahan. Alangkah baiknya kamu tidak mengundang tamu dengan jumlah yang banyak. Kamu bisa mengundang keluarga besar, tetangga dekat, teman-teman ataupun rekan kantor.

Karena dengan hadirnya orang yang kamu kenal juga akan lebih menghadirkan acara yang lebih kekeluargaan. Keuntungan lainnya kamu dapat meminimalkan jumlah undangan sehingga dapat memangkas pengeluran.

6. Pilih tempat dengan biaya sewa murah
Menentukan gedung adalah hal yang penting setelah kamu menghitung berapa jumlah tamu undangan yang akan hadir. Hal ini dikarenakan memilih gedung tidaklah mudah apalagi dengan biaya yang minim.

Kamu harus lebih banyak mencari informasi tentang gedung yang akan disewa. Tidak harus gedung yang besar dan terlihat mewah, kamu bisa memilih gedung yang sesuai dengan keinginan misalnya cukup untuk tamu undangan dan sesuai dengan biaya yang telah kamu rencanakan sebelumnya.

7. Mengatur menu makanan
Menu makanan juga menjadi prioritas untuk menghadirkan pesta yang bisa dinikmati para tamu. Untuk menghidangkan menu makanan di sebuah pesta tidak harus banyak varian. Kamu bisa menghadirkan beberapa varian menu saja. Hal yang terpenting adalah para tamu mendapatkan suguhan makanan dan semua kebagian.

Biasanya jika ingin memangkas pengeluaran untuk biaya katering, kamu bisa memilih memasak makanan sendiri. Kamu bisa meminta bantuan saudara atau tetangga yang sudah terbiasa memasak dengan porsi besar.

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Artikel Ini?
+1
3
+1
0
+1
0
+1
0

Tinggalkan Komentar