Keuangan Keluarga (Foto: Pexels)

Untuk menyukseskan perencanaan keuangan keluarga, kamu perlu menyusun dan memperinci keuangan keluarga setiap periodenya. Ada banyak contoh tabel perencanaan keuangan keluarga yang bisa dipelajari.

Baik keluarga yang telah memiliki banyak anak, atau baru memiliki satu sampai dua anak, maupun para pasangan yang baru saja menikah dan membangun keluarga penting untuk mengetahui dan mempelajari tabel perencanaan keuangan keluarga.

Hal pertama yang harus disusun adalah tabel penghasilan keuangan keluarga rutin per periode. Biasanya tabel perencanaan keuangan akan berlaku selama satu bulan. Jadi, kamu bisa mulai dengan menyusun sumber penghasilan keuangan selama satu bulan.

Tabel berikut merupakan contoh tabel perencanaan keuangan keluarga dengan dua anak yang bersekolah, suami dan istri yang bekerja, serta adanya penghasilan lain seperti join bisnis bersama teman.

Sumber Penghasilan: Nominal

Gaji Suami: Rp10 juta

Gaji Istri: Rp7 juta

Bisnis Bersama: Rp5 juta

Total Penghasilan: Rp22 juta

Tabel Pengeluaran Keuangan Keluarga

Selanjutnya, kamu bisa menyusun perencanaan pengeluaran keluarga selama satu bulan. Berikut ini contoh tabel pengeluaran keuangan keluarga dari kasus yang sama seperti tabel sebelumnya.

Kebutuhan atau Pengeluaran: Nominal

Cicilan Rumah: Rp3 juta

Cicilan Kendaraan: Rp2,5 juta

Biaya Anak Sekolah (2 Anak): Rp1,5 juta

Belanja untuk Dapur: Rp1 juta

Belanja Kebutuhan Rumah Tangga: Rp600 ribu

Iuran RT (Iuran Keamanan dan Sampah): Rp100 ribu

Tagihan Listrik: Rp700 ribu

Tagihan Air: Rp440 ribu

Pulsa Telepon: Rp400 ribu

Transportasi: Rp400 ribu

Uang Jajan Anak (2 Anak): Rp560 ribu

Lifestyle Keluarga: Rp2 juta

Lifestyle Suami: Rp1 juta

Lifestyle Istri: Rp1 juta

Dana Darurat: Rp1 juta

Total Pengeluaran: Rp16,2 juta

Perlu untuk merencanakan biaya lifestyle atau biaya hiburan untuk keluarga agar bisa memperkirakan seberapa besar dana yang dibutuhkan. Biasanya biaya lifestyle suami atau istri merupakan biaya untuk memenuhi berbagai keinginan atau hobi dari suami atau istri secara individu.

Sementara itu, biaya lifestyle keluarga meliputi kegiatan bersama dengan keluarga seperti makan di restoran bersama, menonton bioskop, melakukan rekreasi dan aktivitas fisik di luar ruangan, hingga liburan.

BACA JUGA: Tips Evaluasi dan Menjaga Kesehatan Keuangan Keluarga Jelang Akhir Tahun

Simulasi Keuangan Rumah Tangga

Setelah seluruh penghasilan dan pengeluaran tercatat dengan detail, maka kamu akan mengetahui berapa sisa penghasilan setiap bulannya.

Total Penghasilan: Rp22 juta

Total Pengeluaran: Rp16,2 juta

Sisa Penghasilan: Rp5,8 juta

Setelah mengetahui sisa penghasilan setiap bulannya, kamu bisa mengalokasikannya dalam bentuk tabungan, investasi, ataupun asuransi untuk melindungi keluarga. Mengalokasikan sisa dana bulanan tersebut juga bisa bermanfaat dalam jangka panjang.

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Artikel Ini?
+1
1
+1
1
+1
0
+1
0

Tinggalkan Komentar