Freuensi Memandikan Bayi (Gambar oleh Pexels dari Pixabay)

Kehadiran anak pertama tentu membuat pasangan suami istri bahagia. Namun, bagi orang tua baru, banyak hal yang masih membuat gagap. Hal itu terjadi karena banyak hal yang belum kamu ketahui seperti berapa kali idealnya bayi harus dimandikan?

Waktu mandi bayi memang bisa jadi pengalaman yang sulit bagi pasangan muda. Kamu khawatir memandikan bayimu karena merasa dia rapuh dan sangat kecil. Kamu juga mungkin bertanya-tanya apakah suhu air sudah tepat untuk bayi.

Soal memandikan bayi akan berbeda berapa kalinya tergantung dari usia bayi itu. Kebutuhan mandi bayi baru lahir, bayi usia 1-3 bulan, bayi usia 3-6 bulan, dan bayi usia 6-12 bulan akan berbeda.

Agar lebih siap dalam memandikan bayimu, yuk pahami kebutuhan mandi setiap bayi di jenjang usia berbeda.

1. Bayi baru lahir

Ketika bayi baru lahir, biasanya perawatlah yang akan menjadi orang yang memandikan bayimu untuk pertama kalinya. Memandikan bayi ini dilakukan sekitar 24 jam setelah lahir.

Pada saat itu, kamu bisa memperhatikan apa yang perawat lakukan. Mintalah nasihatnya tentang memandikan bayi jika kamu belum berpengalaman. Setiap tips dari para profesional tentunya sangat bermanfaat.

Ketika bayi baru lahir, kamu harus memandikan bayimu hanya sekali atau dua kali seminggu. Ini penting kamu lakukan hingga tali pusat bayimu lepas. Kamu sebaiknya tidak merendam bayi di dalam air sampai tali pusat terlepas.

Kemudian, memandikan bayi baru lahir dengan spons khusus bayi baru lahir adalah cara terbaik untuk menjaga kebersihannya. Kamu harus sangat lembut ketika mengusap area di sekitar wajah dan saat membersihkan kepala bayi.

Selalu mulailah dari atas dan terus ke bawah. Untuk wajah, pastikan untuk membersihkan dengan baik terutama dari sisa susu.

2. Bayi Usia 1-3 Bulan

Untuk bayi yang berusia antara 1 dan 3 bulan, kamu disarankan untuk memandikannya sekali atau dua kali dalam seminggu. Setelah tali pusat lepas, kamu bisa memandikannya dengan normal.

Selalu ingat untuk bertindak sangat lembut saat memandikan bayimu atau dia bisa tergelincir. Mulailah dengan wajah dan kemudian turun ke bagian tubuh di bawahnya. Kamu bisa pakai sabun bayi yang lembut saat memandikannya.

Kamu juga dapat membawa bayi dan memandikannya saat kamu mandi. Pastikan kamu memakai air hangat dan orang lain ada di sana untuk membantu mengeringkan bayi seusai dia mandi.

BACA JUGA:

3. Bayi Usia 3-6 Bulan

Bayi kamu di usia ini masih sangat kecil, dan tidak perlu mandi lebih dari tiga kali dalam seminggu. Tetapi, jika merasa bayimu menyukainya, kamu dapat memandikannya lebih sering.

Tapi ingat, kalau kamu ingin memandikan bayimu lebih dari tiga kali seminggu, jangan gunakan sabun selama dia mandi. Gunakan sabun jika memang diperlukan.

Setelah bayi selesai dimandikan, kamu bisa pakai lotion ringan bebas pewangi dan bebas dari pewarna tambahan.

4. Bayi Usia 6-12 Bulan

Pada usia ini, bayimu mulai lebih aktif. Bayimu akan merangkak atau mungkin mulai berjalan. Bayimu bahkan akan mulai disapih dan mulai mendapatkan MPASI.

Jadi jelas, pada usia ini adalah saatnya kamu perlu memandikan bayimu lebih sering dari sebelumnya. Kalau bayimu tidak suka dimandikan, kamu bisa memakai beberapa mainan yang akan membuatnya sibuk.

Sebagai orang tua baru, memang wajar belum banyak tahu. Meskipun mungkin sudah sering melihat saudara merawat bayi, tetapi ketika harus melakoninya sendiri pasti akan canggung.

Dengan memperdalam pengetahuan, kamu akan semakin siap merawat anak pertamamu. Contonya soal mandi bayi. Dengan pengetahuan yang mumpuni, kamu tidak akan bingung lagi soal berapa kali bayi harus dimandikan.

Leave a comment