Update Biaya Bayi Tabung

Progam bayi tabung atau in vitro fertilization (IVF) sudah lama di jalankan di Indonesia untuk membantu pasangan mendapatkan momongan.

Bayi tabung adalah suatu proses pembuahan sel telur oleh sel sperma di luar tubuh wanita, tepatnya di dalam sebuah tabung pembuahan. Setelah sel telur berhasil dibuahi dan ada dalam fase siap, maka akan dipindahkan ke dalam rahim.

Di Indonesia, bayi tabung pertama dilakukan pada tahun 80-an.  Hingga kini sudah banyak rumah sakit dan klinik yang menyelenggarakan progam IVF. Meskipun terkesan mahal, namun banyak yang tetap ingin menjalankannya untuk memiliki keturunan.

Banyak hal yang harus dipersiapkan oleh pasangan sebelum mengikuti proses bayi tabung. Pasangan juga harus mempertimbangkan kesiapan tubuh, mental dan biaya yang bisa dibilang tidak murah.

Ingin mengikuti progam bayi tabung? Berikut update biaya progam bayi tabung di Jakarta tahun 2020.

Klinik Yasmin Kencana RSCM

Klini Kencana berada di kawasan Rumah Sakit Cipto Mangungkusumo (RSCM). Sebagai rumah sakit tertua di Indonesia, klinik ini memiliki tim dokter yang sarat pengalaman. Lokasinya dalam gedung baru dan masuk kelas VVIP untuk ruang inapnya.

Progam promo IVF dipatok Rp 45 juta. Paket ini meliputi paket obat Rp 20 Juta dan Embrio Transfer (ET) Rp 25 Juta. Biaya konsultasi dokter, biaya USG, jasa suntik, cek laboratorium, kamar inap, obat-obatan pasca OPU dan ET. Jadi perkiraan total bayi tabung di Klinik Kencana akan menelan biaya sekitar Rp 65-70 juta.

Pembayaran awal dikenakan DP sebesar Rp 25 Juta, sisanya akan ditagihkan setelah memulai progam  IVF. Untuk keterangan lebih lanjut bisa menghubungi Klinik Yasmin Kencana RSCM.

Alamat: Jl. Pangeran Diponegoro No. 71, Kenari, Senen, Jakarta Pusat. 085779091479 (WA Only).

Klinik Melati Harapan Kita

Klinik Melati RSAb Harapan Kita merupakan klinik yang pertama kali melakukan progam bayi tabung di Indonesia pada tahun 1988. Hingga saat ini, Klinik Melati terus mendampingi pasangan yang mendambakan keturunan. Tingkat keberhasilannya mencapai 40%, setara dengan Amerika dan Eropa.

Klinik Melati adalah klinik yang bertatus negeri, artinya punya pemerintah. Dibanding dengan klinik lain, biaya progam di klinik ini sedikit lebih murah. Kelebihan yang lain adalah staf yang sangat ramah sehingga nyaman dan rasa kekeluargaannya kental.

Salah satu buktinya, di dalam ruang tunggu terdapat deretan foto anak-anak yang dilahirkan dari progam bayi tabung disini. Bukan cuma foto bayi, bahkan sampai balita dan dewasa fotonya ada. Artinya hubungan tim bayi tabung dan pasangan yang melakukan bayi tabung terjalin dengan baik.

Biaya untuk progam bayi tabung akan didasarkan pada kebutuhan pasien. Setelah konsultasi dan pemeriksaan dokter akan memutuskan progam apa saja yang harus dijalani. Biaya obat-obatan untuk stimulasi 10-14 hari di kisaran 25-30 juta, OPU Rp 19 juta, ET Rp 7.000.000 dan simpan beku embrio Rp 8,7 juta untuk 2 tahun. Perkiraan total yang dibutuhkan adalah Rp 60 juta. Ingin tahu lebih lanjut? Silahkan hubungi kontak di bawah ini.

Alamat:

Klinik Melati RSAB Harapan Kita

Jl Letjen. S. Parman Kav 87, Kota Jakarta Barat, 11420.

021-5602137 atau 081280319842 (Ani)

BACA JUGA:

Klinik dr Sander B (Daya Medika)

Tim dokter di klinik dr Sander B adalah tim dokter yang menangani progam Bayi Tabung di Klinik Yasmin Kencana RSCM. Namun, disini lebih privat karena tidak berada di lingkungan rumah sakit besar.

Metode yang diterapkan adalah SMART yaitu Sophisticated, Modern, Affordable, Reproductive and Technology. Setiap pasangan didampingi tim yang komunikatif bahkan sejak tahap konsultasi sebelum memutuskan untuk melakukan IVF di sini.

Tahun 2020, Klinik Daya Medika membuat dua progam bayi tabung dengan biaya yang berbeda berdasarkan obat yang digunakan. Progam pertama, IVF Gonal biayanya Rp 46,9 juta. Progam kedua, IVF Menopur Rp 48,9 juta. Semua progam dibayarkan dua kali saat memulai progam dan sebelum OPU.

Biaya tersebut belum termasuk konsultasi dokter, USG, cek laboratotium, rontgen, ECG, obat-obatan  pasca operasi, analisa sperma, inseminasi, freezing sperma, freezing embrio. Berdasarkan hasil wawancara estimasi biaya yang harus disiapkan untuk progam bayi tabung di klinik ini sekitar Rp 80 juta. Ingin tahu lebih banyak tentang progam bayi tabung di Klinik Daya Medika? Silahkan hubungi kontak dibawah  ini.

Alamat:

Jl. Tomang Tol Raya Blok A1 No. 16-18 Kedoya Selatan, Jakarta Barat

087782022448 (Maya)

Klinik Morula RS Bunda Menteng

Cobalah masukkan kata kunci klinik bayi tabung di Google, Anda akan menemukan nama Klinik Morula IVF dari RSIA Bunda Menteng sebagai referensi yang pertama. Mengapa? Karena klinik ini memang paling populer dibanding klinik lain yang melakukan progam bayi tabung.

Salah satu alasannya adalah banyak artis yang melakukan progam bayi tabung di sini, pemberitaan kehamilan mereka sekaligus menjadi pemberitaan untuk klinik Morula. Klinik ini hanya fokus pada progam bayi tabung dan tidak memiliki ruang rawat inap. Jika ada proses yang membutuhkan rawat ini, pasien akan dirujuk ke RSIA Bunda yang terletak di sebelah kiri klinik.

Total pekiraan progam biaya IVF adala Rp 105 juta. Biaya ini merupakan biaya dengan obat-obatan dosis tertinggi. Jika kebutuhan pasien tidak mencapai dosis tersebut, makan biaya akan berkurang. Ingin tahu lebih lanjut? Berikut detail kontaknya.

Alamat:

Klinik Morula RS Bunda Jakarta

Jl Teuku Cik Ditiro No. 12, Menteng, Jakarta

Pusat. 021-29186133

 

Leave a comment