Perencanaan Kehamilan

Tanya Tim Ahli

Usia saya 42 tahun, melahirkan anak pertama secara normal menjelang usia 35 tahun. Saat ini suami berkeinginan untuk memiliki anak kedua. Apakah hamil dengan usia 42 tahun sekarang tidak berbahaya untuk kesehatan saya dan calon anak?

Sementara di satu sisi saya khawatir apabila hamil karena sedang merawat ibu yang menderita demensia dan emosinya tidak stabil. Mohon saran yang terbaik. Terima kasih.

NY, Lombok

Tim Ahli Menjawab

Dengan usia ibu di atas 40 tahun, maka ibu terpapar untuk resiko lebih tinggi untuk memiliki kelainan metabolik selama kehamilan (misalnya hipertensi dalam kehamilan sampai dengan pre eklampsi, gangguan toleransi gula dalam kehamilan  sampai dengan diabetes melitus dalam kehamilan). Nantinya memiliki efek pada pertumbuhan janin dalam kandungan dan juga membahayakan ibu.

Selain itu, untuk ibu hamil dengan usia di atas 40 tahun juga memiliki risiko mengandung janin dengan kelainan kromosom atau kelainan bawaan seperti down syndrome.

Diperlukan kesiapan badan atau jasmani, perlu dipikirkan juga kesiapan mental, dimana seorang ibu hamil perlu memiliki lingkungan yang mendukung kehamilannya, sehingga mendapatkan dukungan secara psikologis juga.

Merawat ibu yang menderita demensia tentu memberikan beban tersendiri untuk ibu, yang nantinya ditambah dengan ada kehamilan. Namun pilihan untuk hamil ada di tangan ibu dan suami.

Silakan dirundingkan, tentunya harap dipertimbangkan risiko-risiko di atas. Pastikan ibu memeriksakan diri dulu sebelum hamil untuk memastikan kondisi badan yang sehat,  dan pastikan kontrol secara teratur selama kehamilan nantinya.

Comments (1)

NI MADE INDRAYANI ATMADJA,SE

Jul 23, 2020 at 4:01 PM

PKB Madya ,Perwakilan BKKBN Propinsi Bali

Reply

Leave a comment