Ilustrasi Pacar Doniman (Gambar oleh Jonatas Joe dari Pixabay)

Tanya Tim Ahli: Tim siap nikah, saya mau tanya. Pacar saya sangat dominan dalam hubungan kami. Bahkan sampai soal keuangan saya dia sudah berani tanya-tanya. Saya banyak mengalah, malas bertengkar, apalagi rencana pernikahan kami sudah dekat. Malu pada keluarga besar jika dibatalkan. Tapi sejujurnya, sebagai lelaki saya merasa tidak dihargai oleh calon saya. Apa yang harus saya lakukan untuk menghadapi pacar dominan?

Tim Ahli* Menjawab:
(*Ike Astuti Dany Rosani, S.Psi., M.Psi., Psikolog (APKI)) Salah satu pondasi dalam menjalin hubungan adalah komunikasi yang baik. Sebelum anda menikah selesaikan dahulu semua masalah yang mengganjal sehingga tidak menjadi bom waktu dikemudian hari.

Coba ambil waktu yang tepat untuk berdiskusi bersama pasangan. Komunikasikan hal-hal yang membuat Anda tidak nyaman terkait perilaku pasangan. Berilah ruang pada pasangan anda untuk menjelaskan terkait perilakunya tersebut, berfokuslah pada solusi bukan rasa kecewa /kesal, ambil waktu diam sejenak jika sudah mulai terpancing emosi, ajaklah pasangan untuk berfokus kembali pada solusi bukan rasa marah.

Baca Juga: Tanya Tim Ahli: Menghadapi Pacar Genit ke Cewek Lain

Komunikasi ini sangat perlu dilakukan sebelum menikah agar lebih memahami satu sama lain sehingga dapat tercipta hubungan yang lebih harmonis dan nyaman. Semoga jawaban saya dapat membantu dalam menyelesaikan masalah anda. Terima kasih.

Leave a comment