Ilustrasi Pacar Genit (Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay)

Tanya Tim Ahli: Selamat siang, ijin bertanya. Kak, saya punya pacar udah mau 2 tahun, tapi suka genit gitu Kak ke cewek lain, suka ngechat ke berapa cewek lain, dulu juga pernah nembak cewek lain padahal udah sama saya.

Katanya janji akan berubah, tapi saya masih ragu. Bahkan dia janji sampai sumpah-sumpah gitu ka, “berani aku mati” gitu katanya. Tapi dia baik kok, sering ngasih barang, selalu ada disaat marah, ya tadi diulang terus kesalahannya. Pertanyaannya apa dia benar-benar bisa berubah? Terima kasih.

Tim Ahli* Menjawab:

(*Ike Astuti Dany Rosani, M.Psi., Psikolog – APKI) Menjalani hubungan yang sehat dan jauh dari perselingkuhan merupakan dambaan dari semua orang. Namun seringkali hubungan itu ternoda oleh perselingkuhan. Perilaku orang yang selingkuh dan ketahuan oleh pasangannya cenderung meminta maaf dan berjanji untuk berubah serta tidak akan mengulangi perbuatannya. Namun jika ia tidak sungguh-sungguh berubah justru ia cenderung akan lebih pandai dalam menutupi kebohongannya. Perilakunya pun menjadi lebih baik dan perhatian terhadap pasangan untuk meyakinkan pasangannya bahwa ia benar-benar sayang. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mempertahankan hubungan yang terlukai oleh perselingkuhan, antara lain :

  1. Tenangkan diri

Ambil waktu, tenangkan diri anda dengan melakukan relaksasi. Kelola pikiran dan emosi anda. Tanyakan pada diri anda apa yang anda inginkan pada hubungan anda selanjutnya setelah terjadi perselingkuhan. Rasa marah dan kecewa yang muncul sangat wajar terjadi namun jika anda memilih untuk mempertahankan hubungan, fokuskan pikiran untuk mencari solusi secara bersama lebih baik dari pada berfokus pada rasa marah dan kecewa.

  1. Komunikasi sehat

Lakukan diskusi bersama pasangan dari hati ke hati, berfokus pada penyebab terjadinya perselingkuhan dan mencari solusinya secara bersama-sama serta memperkuat komitmen.

  1. Menjadi pribadi yang lebih baik

Masing-masing melakukan evaluasi diri dan menjadikan diri lebih baik dari sebelumnya, meningkatkan ibadah, mensyukuri segala sesuatu yang telah diberikan Tuhan, meningkatkan potensi diri, saling menghargai pasangan serta menjalani hidup dengan sehat dan bahagia.

Jika semua hal diatas telah dilakukan namun pasangan masih melakukan perselingkuhan, pikirkan baik-baik mengenai masa depan anda.

Leave a comment