Tim Ahli Menjawab

Tanya Tim Ahli:

Teman saya ada yang percaya kalau hubungan seks hanya 1x gak akan bikin hamil. Trus kalo abis hubungan seks lompat-lompat, juga gak akan hamil. Benarkah mitos tersebut? Apakah kehamilan bisa terjadi meskipun sekali berhubungan seks? (CS)

BACA JUGA:

Tim Ahli Menjawab:

Prinsipnya kehamilan bisa terjadi pada saat perempuan memasuki fase subur artinya sudah menstruasi dan dalam masa subur yaitu kira-kira 10 hari dalam siklusnya. Jika penetrasi penis terjadi dalam 10 hari tersebut maka dapat terjadi kehamilan walaupun hanya 1x saja berhubungan badan.

Kemudian terkait pertanyaan apakah lompat-lompat setelah berhubungan seks tidak akan hamil, itu tidak ada hubungannya. Karena sperma yang masuk dalam liang vagina akan bertahan selam 72 jam dan sangat memungkinkan membuahi sel telur.

Yang paling utama dalam hubungan seksual adalah harus dilakukan di dalam ikatan pernikahan. Hubungan seks sebelum menikah termasuk perilaku berisiko yang harus dihindari.

Sebab, ada berbagai dampak risiko medis yang bisa terjadi. Misalnya, kehamilan yang tidak diinginkan, keguguran, hingga risiko kematian akibat perdarahan saat proses persalinan.

(Tim Ahli siapnikah.org)

Leave a comment