Tim Ahli Menjawab

Tanya Tim Ahli:

Kami sudah menikah 3 tahun tapi belum punya anak. Pemeriksaan apa saja yang perlu dilakukan suami istri? Berapa biaya yang harus kami siapkan? (DP)

BACA JUGA:

Tim Ahli Menjawab:

Setelah 1 tahun menikah belum memiliki anak adalah saat yang tepat untuk mencari tahu sebabnya. Jika setelah 3 tahun menikah belum punya anak ada banyak faktor penyebabnya. Faktor dari suami dan istri sama besarnya, kemudian, faktor lingkungan, gaya hidup, pekerjaan dan sebagainya mempengaruhi proses reproduksi.

Tips untuk hamil adalah lakukan berhubungan seksual secara teratur selana 2-3x seminggu dengan perasaan enjoy serta dilakukan  saat optimal yaitu selama masa subur istri. Pastikan makanan yang dikonsumsi bernutrisi baik dan mengandung vitamin serta mineral seperti vitamin C, E dan Zinc. Rencanakan dan persiapkan dengan baik proses kehamilan dari sisi istri maupun suami.

Butuh proses pemeriksaan laboratorium oleh dokter pemeriksa untuk mendapat kepastian penyebabnya. Baik suami istri akan diperiksa berdasarkan analisis dokter. Semakin cepat pemeriksaan dilakukan semakin cepat kepastian penyebabnya diketahui sehingga bisa dicarikan solusi secepatnya.

Untuk biaya tergantung kepada masing-masing kebutuhan pemeriksaan dari pasangan tersebut. Setiap daerah juga memiliki standar biaya pemeriksaan dan layanan sendiri-sendiri. Hubungi fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan kepastian biayanya.

Leave a comment