Tim Ahli Menjawab

Tanya Tim Ahli:

Apakah mengendarai sepeda motor selama 6 jam sehari bisa mempengaruhi kualitas sperma? Bagaimana tips agar istri bisa hamil setelah menikah 1 tahun? (PD)

Tim Ahli Menjawab:

Saudara PD, banyak faktor yang mempengaruhi kualitas sperma salah satunya adalah duduk mengendari motor/sepeda yang terlalu lama. Duduk Berkendara motor/sepeda menyebabkan saraf pada daerah sekitar testis tertekan dan menimbulkan panas sehingga memengaruhi produksi sperma.

Pada pengendara sepeda motor selama 6 jam jika dikaitkan dgn lingkungan adalah kemungkinan adanya paparan logam berat yang ada di udara karena polusi kendaraan serta getaran yang terjadi pada saat mengendarai sepeda motor. Faktor lain yang dapat mempengaruhi adalah kelelahan bila mengendarai motor tanpa henti selama 6 jam.

Untuk menghindari resiko infertilitas atau ketidak suburan, jika Anda beraktivitas dengan mengendarai motor, sebaiknya saat lampu merah dan berhenti, berdirilah. Atau istirahat sebentar sebelum melanjutkan perjalanan kembali.

Kesuburan pria dipengaruhi oleh banyak faktor. Dalam hal hubungan dengan pekerjaan, pola hidup, lingkungan serta asupan nutrisi. Tips untuk progam hamilnya adalah berhubungan seksual secara teratur selana 2-3x seminggu dengan perasaan enjoy serta dilakukan  saat optimal yaitu selama masa subur istri. Pastikan makanan yang dikonsumsi bernutrisi baik dan mengandung vitamin serta mineral seperti vitamin C, E dan Zinc. Rencanakan dan persiapkan dengan baik proses kehamilan dari sisi istri maupun suami.

Setelah 1 tahun menikah belum memiliki anak adalah saat yang tepat untuk mencari tahu sebabnya. Pemeriksaan laboratorium mungkin akan dilakukan oleh dokter pemeriksa. Untuk biaya tergantung kpda masing-masing kebutuhan pemeriksaan dari pasangan tersebut. Saat ini sudah ada teknologi kesehatan untuk check kualitas sperma, hubungi fasilitas kesehatan terdekat untuk mencari tahu prosedur dan biayanya.

BACA JUGA:

Jika kamu masih punya pertanyaan seputar kesuburan atau kehamilan, kamu bisa konsultasi langsung dengan tim pakar Siapnikah.org yang terdiri dari para dokter berpengalaman. Caranya mudah: klik kanal TANYA JAWAB di kanan atas, lalu tulis nama dan pertanyaanmu. Tim pakar kami akan sigap untuk membantu.

Yuk share informasi perencanaan kehamilan ini ke pasangan, keluarga, dan teman-temanmu, agar makin banyak yang dapat ilmu. Jangan lupa, follow akun Instagram @siapnikah_official dan like akun Facebook @siapnikah.org, biar kamu selalu dapat update terbaru dari www.siapnikah.org.

Leave a comment