Bulan Madu (Foto: Pexels)

Menumbuhkan keharmonisan dapat diawali dengan bulan madu. Itu hanya sebagian kecil manfaat bulan madu, ada banyak manfaat psikologis lainnya. Bulan madu mungkin bukanlah keputusan yang menarik buat semua pasangan pengantin baru. Padahal, jika tahu manfaat bulan madu, banyak perubahan dan perkembangan psikologis yang akan terjadi.

Itulah alasan kenapa sangat disayangkan untuk melewatkan momen indah ini setelah hari pernikahan. Tujuan bulan madu tidak hanya memberikan kebahagiaan untuk kamu. Lebih dari itu, jika kamu serius menjalani momen ini, setidaknya kamu akan merasakan beberapa manfaat, antara lain:

1. Merayakan pernikahan berdua saja
Pernikahan adalah peristiwa sakral dalam hidup seseorang. Itulah kenapa untuk mengabadikan hari penting itu diadakan acara perayaan. Mengundang keluarga besar dan kerabat adalah sebuah hal yang wajar sebagai cara untuk berbagi kebahagiaan.

Di luar itu semua, merayakan pernikahan berdua bersama pasangan jauh lebih penting karena inilah langkah awal membuat komitmen panjang. Bulan madu merupakan momen yang tepat untuk kamu memulai hal itu. Ini akan lebih menyenangkan karena lebih privasi dan tenang dalam menentukan tujuan masa depan pernikahan.

2. Menciptakan kenangan manis bersama pasangan

Untuk menjaga keharmonisan antara pasangan perlu perekat hubungan. Kenangan manis merupakan salah satu perekat terbaik. Oleh karena itu, manfaatkanlah bulan madu dengan mengunjungi tempat pilihanmu untuk menciptakan kenangan itu. Memiliki kenangan manis pada satu tempat tertentu akan memunculkan kenangan itu kembali ketika kamu mengunjunginya.

3. Wujud penghargaan diri

Menuju pernikahan adalah sebuah proses panjang. Banyak hal yang perlu dipersiapkan, seperti kelengkapan dokumen pra-nikah dan beberapa kebutuhan acara pernikahan. Untuk menyelesaikan semua tahapan tersebut terkadang membutuhkan waktu tahunan.

Akan tetapi semua kesibukan itu terbayar dengan selesainya acara pelaksanaan pernikahan. Bulan madu bisa kamu jadikan sebagai reward atas waktu yang terpakai untuk menyediakan seluruh kebutuhan pernikahan. Inilah kesempatan terbaik untuk menenangkan pikiran sekaligus mengembalikan kesehatan mental.

4. Mengenal pasangan lebih dalam

Tidak semua pasangan yang menikah saling mengenal lebih dalam antara satu dengan yang lain, terutama untuk pasangan yang dijodohkan. Tentunya kondisi ini akan menyulitkan untuk membangun kemesraan di awal-awal pernikahan. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah pendekatan yang intensif yang sifatnya privasi.

Untuk mewujudkan hal itu, bulan madu bisa jadi pilihan. Berkunjung ke suatu tempat berdua dan beraktivitas berdua akan membuat lebih cepat memahami karakter pasanganmu. Selama 24 jam kamu akan melihat kebiasaannya secara dekat dan bisa menemukan sifat lain yang selama ini tidak ditampakkan.

BACA JUGA: 5 Destinasi Bulan Madu Domestik Paling Romantis di Indonesia

5. Liburan pertama bersama pasangan

Bulan madu memiliki manfaat ganda. Pertama, momen ini adalah salah satu kegiatan refreshing pikiran dan mental dengan berlibur ke tempat baru. Kedua, momen ini juga merupakan media terbaik untuk mencari tahu tentang identitas yang sebenarnya dari pasanganmu.

Ada poin menarik ketika bulan madu adalah aktivitas liburan pertama bersama pasangan. Tidak hanya baik untuk membangun keharmonisan bersama pasangan, tetapi liburan berdua akan melahirkan pengalaman baru. Hal menarik lainnya adalah liburan berdua dapat memperbaiki komunikasi karena ketika liburan akan membicarakan apa saja yang akan dilakukan.

6. Belajar menyesuaikan diri

Keharmonisan pernikahan bisa hadir jika pasangan saling memahami kebiasaan masing-masing. Bulan madu setidaknya adalah cara cepat untuk mengetahui kebiasaan pasangan. Setelah kamu tahu sifat asli dari pasangan kamu, maka kamu bisa belajar bagaimana cara menyesuaikan diri.

Mampu menyesuaikan diri merupakan keahlian psikologis. Kemampuan ini termasuk hal yang dibutuhkan dalam kehidupan pernikahan. Dengan keahlian ini kamu akan tahu bagaimana cara yang benar dalam memperlakukan pasangan sesuai karakternya agar pasanganmu tetap merasa nyaman berada di dekatmu.

7. Menguji kekompakan

Menentukan tempat bulan madu juga butuh kekompakan. Tentunya masing-masing pasangan bisa saja memiliki destinasi tempat yang berbeda-beda. Dengan merencanakan bulan madu, kamu berkesempatan untuk saling mendengar pendapat pasangan dan bersama-sama membuat kesepakatan rencana perjalanan.

Belajar dari kekompakan ini adalah modal penting buat kamu untuk menciptakan keluarga yang berkualitas. Keselarasan visi akan menentukan poin-poin penting dalam merencanakan masa depan keluarga. Semakin kompak dengan pasangan akan memudahkan bagaimana cara mendidik anak, menyiapkan bekal pendidikan anak, serta memunculkan kemandirian anak.

Agar bisa merasakan manfaat bulan madu, hal yang paling penting dilakukan adalah kamu harus selektif dalam menentukan tempat bulan madu. Pertama, buat daftar lokasi yang belum pernah di kunjungi oleh masing-masing pasangan. Jika kamu bulan madu ke lokasi yang pernah kamu kunjungi maka itu akan menciptakan kenangan ganda. Padahal, tujuan bulan madu untuk menciptakan cerita unik di tempat tersebut.

Kedua, bulan madu tidaklah harus menginap di hotel atau pergi ke tempat terkenal. Bisa juga bulan madu dijalankan dengan melakukan aktivitas hobi pasangan. Misalnya kamu hobi mendaki maka kamu bisa mengajak pasangan ke tempat pendakian yang menawarkan pemandangan yang menawan.

Bulan madu tidak hanya sekadar menghabiskan waktu bersama pasangan. Manfaat bulan madu bisa mengubah karakter seseorang. Persiapkanlah momen ini dengan baik dan yang terpenting apa tujuan kamu berbulan madu. Selain itu, pilihlah lokasi yang tepat untuk mendapatkan semua manfaat itu.

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Artikel Ini?
+1
2
+1
3
+1
0
+1
1

Tinggalkan Komentar