Hubungan Suami Istri (Foto: Pexels)

JAKARTA – Red flags dalam setiap hubungan mungkin kerap didengar. Namun, rupanya tak hanya soal tanda bahaya itu saja yang ada di dalam sebuah hubungan romantis. Ada pula green flags yang menjadi tanda positif.

Relationship green flags adalah hubungan romantis yang sehat, harmonis, dan minim konflik. Hubungan seperti ini didambakan dan diperjuangkan banyak pasangan untuk mewujudkan keterikatan yang saling mendukung. Meski datang konflik, hubungan green flags tetap akan menyelesaikan masalah dengan seksama, pengertian, dan komunikasi terbuka.

Dalam Relationship Institute dijabarkan ada beberapa tanda green flags atau hubungan yang sehat dan minim konflik. Ikuti tandanya untuk menjaga hubungan suami istri.

1. Menjadi diri sendiri
Salah satu tanda green flags adalag kamu bisa menjadi diri sendiri. Menjalin hubungan dengan pasanganmu tidak membuatmu berperan sebagai sosok yang sempurna untuknya. Namun, kamu bisa menjadi dirimu sendiri, berani mengungkapkan emosi, dan memiliki keinginanmu sendiri.

2. Komunikasi terbuka
Kamu dan pasangan merasa nyaman dalam mendiskusikan perasaan tentang kehidupan masa lalu dan masa kini. Tidak ada yang disembunyikan. Kamu dan pasangan menjunjung komunikasi dua arah untuk mengurangi kesalahpahaman.

3. Punya hubungan yang baik dengan keluarga
Hubungan romantis akan sehat jika hubunganmu dengan keluarga pasangan juga baik, begitu pun sebaliknya. Kamu menghormati keberadaan keluarga, serta mempersilakan pasanganmu untuk memiliki waktu dengan mereka.

4. Berani minta maaf
Meminta maaf ataupun memaafkan akan sangat berguna dalam cara mengatasi konflik sebuah hubungan. Minta maaf secara tulus dengan mengakuinya menunjukkan bahwa kamu tidak senang juga jika pasanganmu terluka.

5. Memberi waktu sendiri
Kehidupan tidak hanya tentang hubungan. Kamu dan pasangan bisa sepakat untuk memberi waktu pada diri sendiri, keluarga, kolega, dan teman. Waktu sendiri akan sangat bermanfaat bagi psikologis, yang meyakinkanmu bahwa dirimu memiliki lingkungan suportif lainnya.

BACA JUGA: 9 Langkah Menuju Siap Nikah

6. Mendorong menjadi orang yang lebih baik
Tanda lainnya yakni pasangan akan mendorongmu menjadi orang yang lebih baik versi dirimu sendiri, salah satunya dengan berbagi nasihat dan bantuan. Kamu pun begitu, memberikan perhatian pada setiap langkahnya bertumbuh dan tidak menghakimi saat terjadi masalah dalam hubungan.

7. Merasa saling mencintai
Kamu dan pasangan sama-sama merasa saling mencintai, dilihat, didengar, dan dihargai dalam menjalin hubungan.Kalian sama-sama memperjuangkan hubungan romantis dan berusaha untuk tidak menjadi pasangan yang toksik.

Itulah beberapa tanda bahwa kamu memiliki hubungan romantis yang sehat dengan pasanganmu. Apakah tanda itu ada dalam hubunganmu? Namun, tetap perlu diingat, beberapa tanda di atas adalah indikator. Intinya, hubungan yang baik akan membuatmu jadi pribadi yang lebih baik juga, baik fisik maupun psikologis.

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Artikel Ini?
+1
2
+1
1
+1
1
+1
0

Tinggalkan Komentar