Beli Rumah Sebelum Menikah
Begitu menikah kemudian tinggal di rumah milik sendiri adalah keinginan yang lumrah. Namun, tingginya harga properti saat ini kadang jadi kendala mewujudkan harapan itu. Meski demikian, memiliki rumah sebelum menikah bukanlah hal yang tidak mungkin.
Sebelum menikah, sebetulnya kamu juga bisa memaksimalkan perencanaan keuangan hingga mampu membeli rumah.
Harga tanah dan juga rumah dari tahun ke tahun pastinya akan selalu meningkat, hal ini harus segera diantisipasi. Bagi yang telah memiliki jumlah uang cukup maka usahakan untuk segera membeli rumah sebelum harganya semakin naik.
Bagi kamu yang masih belum menikah membeli rumah juga tentu saja bisa dilakukan. Masa-masa sebelum memiliki pasangan atau berumah tangga akan memberikan banyak waktu luang dan pengeluaran yang lebih sedikit. Apalagi bagi yang masih ikut tinggal bersama dengan kedua orang tua. Mereka bisa menabung lebih banyak.
Selain itu, kebutuhan yang masih belum terlalu banyak bagi orang lajang ini sebaiknya dimanfaatkan dengan baik untuk menabung rumah. Kesempatan ini harus dimanfaatkan dengan baik dan juga benar-benar terencana agar bisa membeli rumah sebelum menikah.
Ada berbagai cara yang bisa ditempuh agar bisa segera mendapatkan rumah sesuai dengan harapan.
1. Punya tabungan khusus untuk rumah
Ketika kamu mulai bekerja dan mendapatkan penghasilan, usahakan untuk menyisihkan sebagian gaji untuk tabungan membeli rumah. Pengaturan ini harus diupayakan sejak awal agar kamu terbiasa dan bisa segera memiliki uang yang cukup untuk membeli rumah. Seseorang yang masih lajang dengan gaji besar pun belum tentu memiliki tabungan rumah jika tidak bisa mengatur keuangannya.
2. Konsisten pada target tabungan dan investasi
Saat kamu mulai menabung, kamu harus menetapkan rencana besaran tabungan yang diinginkan di masa depan. Jumlah tabungan yang akan diperoleh di masa depan bisa menjadi pemicu kamu dalam bekerja.
Cara mencapainya yaitu dengan menghitung berapa jumlah uang yang harus disisihkan setiap bulan sehingga kamu dapat mencapai jumlah yang diharapkan. Durasi menabung juga harus diperhitungkan agar seseorang bisa mendapatkan jumlah uang yang cukup saat akan membeli rumah.
3. Mengatur porsi gaji
Saat kamu menerima gaji sebaiknya alokasikan sebagian dari gaji untuk tabungan rumah. Kamu dapat menggunakan sebagian dari gaji tersebut untuk uang muka rumah yang akan dibeli.
Pada saat uang muka telah dibayar maka cicilan yang biasanya diberikan bank sebesar 30% dari gaji. Seseorang yang bisa semakin cepat menabung maka dapat segera memperoleh uang yang cukup pula untuk membayar uang muka rumah.
Untung menabung kamu bisa menggunakan deposito. Penggunaan deposito membuat orang yang menabung hanya bisa mengambil tabungannya pada waktu tertentu saja.
4. Rutin pantau harga properti
Kamu harus selalu memantau harga properti karena perkembangannya sangat cepat. Kamu bisa memantau melalui internet hingga datang langsung ke rumah incaran.
Survei melalui media sosial memang sangat sederhana dan mudah sekali untuk dilakukan. Namun, sebaiknya juga memantau secara langsung bagaimana keadaan rumahnya. Hal ini sangat penting bagi calon pemilik rumah agar dapat mengetahui bagaimana keadaan sekitarnya.
5. Membeli rumah dengan KPR
Ada berbagai cara untuk membeli rumah, bisa secara tunai ataupun kredit. Bagi orang yang ingin membeli dengan cara kredit, maka saat ini sudah banyak sekali fasilitas KPR.
Pembelian dengan cara KPR biasanya akan mempermudah seseorang dalam membeli rumah. Uang muka, angsuran, hingga bunga antara satu dengan yang lain pastinya berbeda-beda. Kamu sebaiknya mencari KPR yang paling sesuai dengan kondisi keuangan dan lain sebagainya, sehingga diperoleh rumah terbaik.
6. Melihat pameran rumah KPR atau tawaran program bank
Ada berbagai tawaran baik dari brosur atau melalui cara lainnya. Tentunya promo KPR antara bank satu dan lainnya bisa dicermati serta dibanding-bandingkan.
7. Manfaatkan KPR bersubsidi
Rumah bersubsidi pastinya akan membuat harga menjadi lebih murah dan kesempatan ini sebaiknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Kamu harus rajin mencari informasi-informasi berkaitan dengan KPR bersubsidi ini.
8. Menabung emas dan asuransi
Ada berbagai cara yang bisa dilakukan  dalam usaha menabung agar dapat segera mengumpulkan uang muka pembelian rumah. Tabungan emas merupakan salah satu solusi untuk segera bisa memperoleh uang dalam jumlah banyak dan tidak terkena inflasi.

Leave a comment