Liburan Keluarga (Image by jun0126 from Pixabay)

Berlibur saat ini memang telah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat dan bila dilakukan secara teratur akan memberikan dampak yang positif bagi kesehatan mental serta dapat memperkaya pengalaman.

Untuk melaksanakan liburan keluarga, apalagi di tempat yang jauh misalnya hingga ke luar negeri tentu dibutuhkan dana.

Sebaiknya, sebelumnya kamu harus merencanakan anggaran liburan sebaik-baiknya agar tak sampai terjadi besar pasak daripada tiang yang akan menimbulkan masalah baru setelah liburan usai.

Anggaran liburan akan membuat kamu lebih disiplin dalam mengelola pengeluaran serta mencegah kamu memboroskan dana untuk pos-pos yang kurang diperlukan. Ada beberapa pos penting yang memerlukan dana saat liburan keluarga. Oleh karena itu, kamu perlu menyiapkan biaya untuk memenuhi beberapa pos tersebut.

1. Tempat liburan
Destinasi wisata yang kamu pilih akan menentukan besar kecilnya biaya liburan yang harus dikeluarkan. Biaya yang dibutuhkan akan lebih sedikit bila tempat yang dipilih lebih dekat. Kamu perlu mengajak seluruh anggota keluarga berunding untuk mengambil keputusan tentang tujuan wisata kalian.

2. Transportasi
Biaya transportasi juga perlu kamu hitung. Kira-kira berapa yang perlu kamu sediakan untuk perjalanan pergi dan pulang dari lokasi wisata. Moda transportasi pilihan kamu juga akan menentukan besar kecilnya budget yang harus disediakan.

3. Biaya makan
Perhitungkan juga biaya makan dalam sehari dikali seluruh anggota keluarga dan jumlah hari liburan yang direncanakan. Pada saat tengah berlibur kamu tentu tak bisa memasak makanan sendiri.

4. Penginapan
Pilihan tempat menginap di lokasi wisata juga perlu alokasi biaya tersendiri. Untuk menghemat biaya penginapan, kamu bisa melakukan reservasi jauh-jauh hari karena pada hari H hotel-hotel di sekitar tempat wisata pada umumnya akan dipenuhi wisatawan sehingga biaya sewanya kemungkinan lebih mahal.

5. Biaya belanja oleh-oleh
Oleh-oleh adalah hal yang tak boleh ketinggalan pada waktu berlibur untuk dibagikan kepada kerabat atau tetangga di sekitar rumah. Selain itu anak-anak mungkin ingin membeli souvenir sebagai kenang-kenangan pernah mengunjungi destinasi wisata tertentu.

6. Tiket sarana wisata jika ada
Tiket masuk sarana wisata juga harus masuk pada pos anggaran liburan terutama bila yang menjadi tujuan wisata adalah taman-taman hiburan atau theme park seperti Dufan.

7. Biaya lain-lain
Selain berbagai pengeluaran yang telah direncanakan, idealnya kamu juga harus menyiapkan biaya lain-lain seandainya terjadi sesuatu yang tak terduga.

Setelah selesai membuat rencana keuangan selama liburan, sekarang kamu tinggal mempersiapkan dananya. Sumber dana sebaiknya berasal dari simpanan kamu sendiri yang memang sengaja ditabung beberapa bulan sebelumnya untuk liburan. Selain itu bonus akhir tahun atau Tunjangan Hari Raya juga bisa menjadi tambahan dana untuk liburan keluarga kamu.

Kamu bisa menyiapkan tabungan dana untuk liburan dengan beberapa cara. Pertama, kamu bisa menabung di rekening yang berbeda dengan rekening sehari-hari. Memilih rekening bank yang menyediakan tabungan dana liburan mungkin bisa menjadi pilihan.

Saat ini rata-rata seluruh bank di Indonesia sudah memiliki pelayanan ini. Namun, tentu saja ada baiknya untuk tetap membandingkan fasilitas yang disediakan setiap bank sebelum memutuskan untuk memilih salah satunya.

Perlu diperhatikan, memang sebaiknya kamu memilih bank di mana kamu memiliki tabungan cukup besar karena jenis tabungan seperti ini membutuhkan sebuah tabungan induk yang nantinya digunakan untuk menarik dana sebagai setoran bulanan atau auto-debet.

Kemudian, ketika ingin berlibur, kamu juga harus menentukan tujuan liburan. Diskusikan hal ini bersama keluarga kamu kemana mereka ingin berlibur. Apakah mereka ingin berlibur di wilayah Indonesia saja atau mau ke luar negeri.

BACA JUGA: 5 Tipe Pengelolaan Keuangan Keluarga, Kamu Pakai Tipe yang Mana?

Tentunya biaya keluar negeri akan jauh lebih besar, belum lagi harus mengurus visa dan lain sebagainya. Namun hal tersebut tidak jadi masalah, yang penting seluruh keluarga sudah setuju sehingga tidak akan ada perubahan lagi nantinya sehingga rencana perjalanan bisa disusun dengan baik.

Setelah menentukan tujuan, kamu harus menentukan kapan liburan itu dilakukan. Hal ini juga akan erat kaitannya dengan kemampuan kamu dalam menabung per bulan. Jika menurutmu mampu untuk mencapai target tabungan liburan selama satu tahun maka tidak masalah untuk memilih satu tahun.

Tapi, jika tidak, pilihlah waktu liburan yang lebih fleksibel sehingga kamu tidak terlalu terbebani hanya karena ingin pergi liburan bersama keluarga.

Untuk memastikan dana liburan aman, kamu bisa mencoba melakukan setoran bulanan. Setoran bulanan didapat setelah menghitung secara keseluruhan kebutuhan dana kemudian dibagi dengan jangka waktu kamu menabung. Selanjutnya adalah masalah komitmen kamu untuk terus membayar setoran sampai tiba waktunya bagi kamu dan keluarga untuk packing dan pergi berlibur.

Jika kamu memilih menggunakan fitur tabungan liburan, setelah kamu sudah menentukan tujuan liburan maka pihak bank akan membantu kamu melakukan perincian pembiayaan liburan bersama keluarga. Misalnya berapa orang yang akan pergi berlibur, biaya transportasi, biaya penginapan, biaya selama perjalanan, uang saku dan lain sebagainya.

Sementara waktu liburan akan berpengaruh pada asumsi kenaikan nilai misalnya harga penginapan tahun ini tentu akan berbeda dengan harga penginapan tahun depan, selain itu penentuan waktu keberangkatan juga akan berpengaruh terhadap jumlah besarnya angsuran yang akan kamu bayarkan setiap bulannya.

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Artikel Ini?
+1
1
+1
1
+1
0
+1
0

Tinggalkan Komentar