Pernikahan Bahagia (Foto: Pixabay)

Oleh Vizcardine Audinovic, Penyuluh KB Kabupaten Malang, Jawa Timur

Pernikahan adalah sebuah perjalanan dan kerja keras dari pasangan suami istri. Butuh kerja sama dan kekompakan pada suami dan istri untuk membangun pernikahan yang bahagia. Pernikahan yang bahagia akan memberi kekuatan untuk saling mengisi, menerima kekurangan dan kelebihan serta dalam menghadapi masalah yang ada.

Selain itu pernikahan yang bahagia dapat memberi manfaat untuk kesehatan pasangan lho! Berikut manfaat kesehatan dari pernikahan yang bahagia seperti yang dilansir Magforwomen.

1. Membuat mental lebih sehat
Kesehatan fisik dan emosional tidak lepas dari kondisi mental seseorang. Kesehatan mental juga tergantung dari bagaimana seseorang menangani stres. Pernikahan yang bahagia akan memberi Anda keberanian dan dukungan yang positif.

Anda tahu bahwa ada pasangan di samping Anda yang selalu mendukung, bisa memahami dan bisa mencurahkan segala perasaan. Tentunya hal tersebut dapat memberi kedamaian dalam hati. Ini menunjukkan pernikahan yang bahagia dapat membuat jiwa Anda lebih sehat.

2. Membuat fisik lebih sehat
Karena pernikahan Anda bahagia, pada akhirnya Anda memiliki keinginan untuk hidup lebih lama dan lebih baik. Anda akan aktif secara sosial, pergi keluar, menikmati dan menghabiskan waktu bersama pasangan Anda. Pada akhirnya Anda juga akan fokus pada kesehatan fisik, karena tahu bahwa sehat secara fisik itu penting untuk bisa hidup lebih lama bersama pasangan.

3. Menurunkan kadar stres
Stres dan tekanan bisa berasal dari pekerjaan, relasi dengan rekan kerja atau teman, belum lagi dari keluarga besar. Tapi jika Anda sudah memiliki “rumah” yakni tempat dimana Anda merasa damai, bahagia, nyaman, yang tak lain adalah pernikahanmu. Kadar stres yang rendah dapat mencegah dari penyakit jantung, serta tekanan darah tinggi.

BACA JUGA: Banyak Manfaatnya, Berapa Sih Biaya Konseling Pernikahan?

4. Memperlambat penuaan
Pasangan yang bahagia, lebih banyak tertawa, saling menikmati ketika menghabiskan waktu bersama akan terlihat lebih muda. Anda tidak merasa tertekan saat bersama pasangan. Ketika Anda merasa bahagia, Anda tidak mudah merasa tegang dan stres. Bahkan Anda juga dapat tersenyum meski sedang menghadapi masalah.

Ternyata banyak ya manfaat yang didapat dari pernikahan bahagia. Oleh karena itu teruslah berkomitmen untuk sama-sama membangun pernikahan yang bahagia. Tetap bersama ketika menghadapi masalah.

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Artikel Ini?
+1
6
+1
1
+1
0
+1
0

Tinggalkan Komentar