Persiapan Pernikahan (Foto: IG @preweddingkeren)

Melakukan persiapan sebelum melakukan suatu agenda besar tentu keputusan bijak agar semua berjalan lancar. Tak terkecuali dalam pernikahan. Calon pengantin wajib melakukan persiapan dengan matang salah satunya dengan melakukan persiapan fisik.

Persiapan pernikahan memerlukan waktu dan tenaga yang besar. Dengan persiapan fisik yang baik, kamu dan pasangan akan bisa melakukannya dengan stamina yang prima sehingga semua berjalan lancar. Ada beberapa persiapan fisik yang bisa kamu lakukan.

1. Jagalah pola makan
Ketika menyongsong pernikahan, kamu dan pasangan perlu menjaga pola makan. Hal ini untuk menunjang stamina tubuh. Stamina itu kamu butuhkan karena kamu perlu mengurus banyak hal untuk persiapan pernikahanmu.
Usahakan agar pola makan tetap terjaga sehingga tubuh tetap fit hingga hari H pernikahan dan seterusnya. Kamu perlu memperbanyak konsumsi buah dan sayur untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh.

Sebisa mungkin kurangi konsumsi lemak dan makanlah dengan porsi yang cukup. Selain mengurangi konsumsi lemak, kamu juga harus mengurangi makanan-makanan yang tinggi gula. Hindari juga mengonsumsi minuman beralkohol atau minuman berenergi.

2. Jaga kesehatan dan rutin berolahraga
Selain itu, kamu juga perlu rutin berolah raga. Dengan berolahraga, tubuh akan lebih sehat. Otot-otot pada tubuh pun menjadi lebih kuat dan jantung menjadi lebih sehat.

Olahraga sebulan sebelum menikah yang dilakukan secara teratur juga dipercaya dapat membuat tubuh terlihat lebih fresh dan ramping. Kamu bisa berolahraga sendiri atau mengajak pasanganmu agar lebih semangat dan lebih mendekatkan hubungan.

Kalau kamu belum terbiasa berolahraga, kamu dapat melakukannya dalam durasi yang singkat, misalnya sekitar 20 menit saja setiap harinya. Setelah itu, tingkatkan terus durasinya menjadi 35 menit hingga 1 jam.

Kamu juga perlu mengurangi kebiasaan merokok. Sebab, hal ini hanya akan membawa dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Selain perokok aktif, perokok pasif juga disarankan untuk tidak dekat-dekat dengan perokok aktif agar tidak terkena dampaknya.

BACA JUGA: Gadis, Ada 3 Persiapan Mental yang Harus Kamu Tahu Sebelum Menikah

3. Lakukan perawatan tubuh
Melakukan perawatan tubuh juga penting apalagi untuk wanita. Perawatan yang dilakukan mulai dari rambut, wajah, seluruh tubuh hingga jari tangan dan kaki. Kamu bisa melakukan perawatan itu secara bertahap beberapa bulan sebelumnya.

Kamu bisa melaukan perawatan wajah 4 bulan sebelumnya untuk mendapatkan kulit wajah yang rata dan halus. Mulai memberi bentuk pada alis dapat mulai dilakukan 3 hingga 4 bulan sebelumnya.

Kamu juga diharapkan sudah menentukan jenis tata rias wajah dan model rambut yang ingin dikenakan di hari pernikahan minimal 4 bulan sebelumnya. Tata rias dan model rambut tersebut sebaiknya disesuaikan dengan gaun yang akan dikenakan nantinya.

Namun, kamu harus tetap waspada terhadap produk-produk make up yang akan kamu gunakan. Pastikan produk-produk kecantikan tersebut aman dan tidak menyebabkan masalah seperti gatal-gatal, ruam, kemerahan, alergi, atau bersin-bersin.

Biasanya, masalah-masalah tersebut akan kamu peroleh pada saat kamu mencoba produk-produk baru. Sebab, tidak semua produk memiliki bahan yang cocok untuk karakter kulit kamu.

4. Jagalah kebersihan organ intim
Kamu juga perlu menjaga kebersihan organ intimmu, terlebih perempuan. Pasalnya, perempuan cenderung lebih mudah mengalami masalah-masalah yang memiliki hubungan dengan sistem reproduksi misalnya, keputihan atau bahkan kanker serviks.

Kamu bisa menjaga kebersihan organ intim dengan rajin mengganti celana dalam. Selain itu, usahakan untuk selalu membersihkan organ intim dari arah depan ke belakang dan mengeringkannya dengan menggunakan tisu atau handuk. Jika sedang menstruasi, sebisa mungkin sering-seringlah mengganti pembalut, maksimal empat jam sekali.

5. Lakukan vaksinasi HPV
Kanker rahim atau kanker serviks ini merupakan penyakit berbahaya yang terjadi pada dinding rahim. Umumnya, kanker serviks disebabkan karena hubungan seks pada usia muda atau sering berganti-ganti pasangan.

Selain itu, merokok, penggunaan pil KB, kurangnya mengonsumsi buah serta sayur, dan juga obesitas juga dapat memicu tumbuhnya kanker serviks. Untuk mencegah terjadinya kanker serviks, setiap pasangan yang hendak menikah disarankan untuk melakukan vaksinasi HPV.

BACA JUGA: Siap Nikah? Siap Cegah Stunting dengan 4 Langkah Ini

6. Hindarilah stress
Persiapan menjelang pernikahan memang membuat kita stress dan mengalami banyak tekanan. Oleh karena itu, sebisa mungkin kamu harus tetap tenang. Jika stress mulai muncul, ambil jeda sejenak dan menenangkan pikiran.
Sebab, jika dipaksakan itu justru hanya akan membuat kondisi lebih buruk. Kamu akan lebih mudah marah, kurang dapat berkonsentrasi, sakit kepala, atau bahkan sulit tidur.

Untuk menghilangkan ketegangan saraf akibat stres, kamu juga dapat melakukan beberapa kegiatan relaksasi. Seperti misalnya, pijat, meditasi, spa, atau sesekali berlibur ke tempat-tempat yang mengasyikkan.

7. Tidur cukup
Usahakan untuk selalu tidur cukup antara 7 hingga 9 jam setiap malamnya. Dengan tidur cukup, kamu akan lebih segar esok harinya. Kamu juga akan lebih mudah berkonsentrasi dibanding jika tidur hanya dalam hitungan beberapa jam saja.

8. Cegah terjadinya cedera
Menjelang pernikahan, kamu dan pasangan perlu meminimalkan kemungkinan terjadinya kecelakaan pada saat pernikahan nanti. Usahakan untuk mengenakan pakaian dan sepatu yang nyaman agar tidak tersandung dan jatuh. Jika ingin menggunakan lilin, pastikan ditempatkan secara aman agar tidak membakar apa pun.

Itulah persiapan fisik yang bisa kamu dan pasangan lakukan menjelang pernikahan. Dengan persiapan fisik yang matang, diharapkan acara pernikahanmu akan berjalan lebih lancar.

Leave a comment