7 Aktivitas Ringan Sebelum Tidur Ini Bisa Bikin Suami Istri Lebih Romantis

Aktivitas Sebelum Tidur (Foto: Pexels)

Table of Contents

Setiap pasangan suami istri pastilah ingin hubungan mereka selalu harmonis. Keinginan itu haruslah diwujudkan dengan melakukan upaya pendukungnya.

Untuk menjaga hubungan suami istri agar semakin erat, banyak cara yang bisa dilakukan salah satunya yakni melakukan kegiatan sebelum tidur bersama-sama.

Rupanya, ada beberapa aktivitas sebelum tidur yang bisa memupuk hubungan kalian menjadi lebih harmonis dan memperkuatnya. Apa saja kegiatan itu?

1. Bicara dari hati ke hati
Banyak pasangan kehilangan komunikasi yang penting dalam hubungan karena jam kerja yang panjang dan hanya bertemu saat sarapan atau ketika akan tidur saja. Wajar jika ke depannya banyak sekali kesalahpahaman.

Kedua pihak saling bekerja memang merupakan pilihan, mengingat biaya untuk memenuhi kehidupan zaman kini tentu berbeda dengan zaman dulu. Karena keduanya saling bekerja, waktu untuk saling bersama pun berkurang. Untuk menyiasati hal itu, kamu dan pasangan bisa saling bicara dari hati ke hati sebelum tidur. Kalian bisa saling curhat dan meceritakan kegiatan apa saja yang sudah dilalui hari itu.

2. Membaca buku
Daripada bermain handphone sebelum tidur, membaca sebelum tidur bisa jadi rutinitas yang perlu diterapkan. Membaca buku bisa menambah ilmu. Selain itu, membaca sebelum tidur juga bisa menambah keintiman.

Kamu dan pasangan bisa menentukan satu buku bersama yang ingin dibaca dan nantinya bisa kalian diskusikan. Kamu bisa membacakannya dan pasanganmu mendengarkan atau pun sebaliknya. Lakukan secara bergiliran.

3. Tetapkan jam tidur
Memasuki era modernisasi seperti sekarang, banyak pasangan yang memutuskan untuk bekerja. Baik lelaki maupun perempuan. Oleh karena itu, banyak pasangan yang tidak saling bertemu sepanjang hari dan memiliki kebiasaan tidur di waktu yang berbeda. Menurut psikolog Curt Smith, menggosok gigi bersama dan pergi tidur pada saat yang sama bisa membuat pasangan bahagia . Hal demikian membantu keduanya menjaga kehangatan dan keintiman hubungan.

4. Selesaikan kesalahpahaman sebelum tidur
Jangan sampai tidur dengan meninggalkan rasa marah atau kesal. Sebuah penelitian dalam Journal of Neuroscience menyebutkan para ilmuwan menemukan saat marah ada emosi negatif dalam tubuh yang dapat memengaruhi kualitas tidur. Dr Alexander Golbin menuturkan kemarahan terutama yang sudah bersifat kronis ternyata bisa meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung, membuat napas jadi tidak teratur, menyebabkan kejang otot kronis, meningkatkan tekanan dalam tengkorak, serta penurunan aktivitas insulin serta gejala lainnya.

Jadi kalau memang sudah siap dan memungkinkan, selesaikanlah masalah selagi masih kecil dan hindari menunda salah paham karena nantinya bisa menjadi masalah besar.

BACA JUGA: 7 Fungsi Positif Tidur Berpelukan bagi Pasangan Suami Istri

5. Saling bersyukur dan berterima kasih
Saling bersyukur dan berterima kasih bisa membantu kamu lebih memahami dan menghargai pasangan. Begitu juga sebaliknya. Dengan saling memahami kalian bisa lebih harmonis dan tidak saling menuntut satu sama lain. Bersyukur juga bisa membuat kalian lebih bahagia.

6. Saling memijat
Memijat merupakan kegiatan untuk memberikan atau mendapatkan efek relaksasi. Saling memijat sebelum tidur bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Kualitas baik tentunya bisa membuat tubuh dan mood juga baik.

Menurut spesialis dari National Foundation of Sleep pijatan ringan dan santai sebelum tidur meningkatkan kualitas tidur kamu dan pasangan, mengurangi kecemasan, dan membawa ikatan kalian jadi lebih dekat.

7. Saling memeluk
Sentuhan kecil bisa sangat berpengaruh pada kualitas hubungan pasangan. Jangan lupa untuk mencium pasanganmu sebelum tidur serta berpelukan selama beberapa menit saat kalian sudah berada di tempat tidur. Kegiatan ini sangat santai dan bisa membangkitkan emosi positif. Para psikolog yakin jika kamu dan pasangan berpelukan sambil tertidur, hubungan kalian akan terhindar bermasalah.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu dan pasangan lakukan sebelum tidur. Kegiatan yang dilakukan bersama itu diharapkan bisa memupuk keharmonisan dan keromantisan dalam hubungan rumah tanggamu.

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Artikel Ini?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
Scroll to Top