Tidur Berpelukan (Foto: Pixabay)

Di tengah pandemi ini tentu kamu dan pasangan harus pandai-pandai menjaga imun tubuh agar tetap sehat. Nah, ada cara asyik nih untuk meningkatkan imun selain makan makanan bergizi. Salah satunya dengan tidur sambil berpelukan dengan pasangan.

Berpelukan dengan pasangan ketika tidur ternyata memiliki segudang manfaat. Manfaat itu tak hanya untuk kesehatan fisik tetapi juga mental. Manfaat ini bahkan sudah dibuktikan dalam sejumlah penelitian.

Yuk, kita simak manfaat apa saja yang diberikan jika kita berpelukan dengan pasangan saat tidur.

1. Meningkatkan sistem imun
Rupanya, berpelukan saat tidur bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Hal ini sangat cocok di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda.

Psikolog Joe Rock, PsyD mengatakan berpelukan bisa sebagai terapi. Menurut Rock, memberi dan menerima pelukan juga bermanfaat menguatkan sistem imun. Menurutnya, pelukan menyebabkan penurunan pelepasan kortisol (hormon stres). Kemudian, beberapa penelitian mengindikasikan dengan berpelukan dapat menurunkan tekanan darah dan detak jantung saat mengalami stres.

2. Membantu menjaga suasana hati
Berpelukan juga mampu menjaga suasana hati. Pelukan mampu meningkatkan hormon serotonin. Hormon ini berguna untuk menjaga suasana hati sehari-hari. Jadi, kalau suasana hatimu sedang tidak karuan, jangan ragu, peluklah pasanganmu.

3. Tidur jadi lebih nyenyak
Hormon seperti kortisol menyebabkan gelisah sehingga tubuh jadi tegang dan sulit tidur. Artinya kamu membutuhkan hormon oksitosin atau hormon cinta dan serotonin yang membuat suasana hati lebih baik sehingga tidur lebih nyenyak.

4. Bisa meningkatkan hormon cinta
Sebuah penelitian yang dilakukan Department of Psychiatry, University of North Carolina tahun 2005 membuktikan semakin sering berpelukan maka tingkat oksitosin meningkat. Oksitosin dikenal sebagai hormon cinta dan bahagia. Efek paling menakjubkan pada kesehatan adalah bisa menurunkan tekanan darah dan menyeimbangkan detak jantung pada wanita usia premenopause.

BACA JUGA: Pasangan Berubah Setelah Menikah, Harus Bagaimana?

5. Tingkatkan rasa percaya diri
Dengan pelukan ada aksi-reaksi  yang membuat seseorang merasa dicintai dan spesial. Ketika merasa dicintai, maka rasa percaya diri akan tumbuh. Sebenarnya, berpelukan bisa dengan keluarga dekat lainnya. Bisa dengan orang tua, anak, maupun kerabat dekat.

6. Merekatkan ikatan emosional
Pelukan juga bisa mempererat kkatan emosional. Ikatan ini bisa kamu bangun  dengan kebiasaan-kebiasaan kecil. Di samping memberikan perhatian sekaligus memberi pasangan ruang untuk mengembangkan dirinya, memberi pelukan setiap malam juga bisa memperkuat ikatan.

7. Otot lebih rileks
Tentu otot terasa kencang dan butuh relaksasi setelah seharian bekerja atau beraktivitas. Seorang terapis keluarga Virginia Satir mengatakan dengan empat pelukan setiap hari bisa membuat seseorang bertahan hidup. Delapan pelukan bisa untuk maintenance diri dan 12 pelukan bisa membuat sisi positif diri lebih berkembang.

Nah, itulah manfaat berpelukan yang sangat besar. Jadi, jangan ragu untuk rutin berpelukan dengan pasanganmu.

Leave a comment