Rencana Pernikahan (Foto: Pexels)

Banyak pasangan yang ingin membuat pernikahan sesuai impian mereka. Hal ini lantaran pernikahan merupakan salah satu momen membahagiakan dan mungkin hanya terjadi sekali seumur hidup.

Merencanakan pernikahan memang merupakan suatu hal yang merepotkan. Tidak jarang pasangan dan keluarga dibuat pusing oleh hal tersebut. Untuk itu banyak yang memilih menggunakan jasa wedding organizer agar mempermudah persiapan dan kebutuhan pernikahan.

Namun, meski melelahkan, kita juga ternyata bisa mempersiapkan pernikahan tanpa wedding organizer.

Membuat pernikahan tanpa wedding organizer tentunya memiliki tantangan tersendiri. Hal pertama yang harus ditentukan adalah tanggal pernikahan. Setelah itu kamu dan pasangan harus menyesuaikan dengan bugdet rencana pernikahan yang telah dibuat. Berikut ini beberapa tips mempersiapkan pernikahan tanpa bantuan wedding organizer.

1. Membuat daftar
Hal pertama yang harus kamu dan pasangan lakukan adalah membuat daftar persiapan pernikahan. Langkah ini sangatlah penting agar tidak ada yang yang terlupa untuk menggelar pernikahan. Cobalah membuat rincian daftar yang berisikan hal-hal penting maupun tidak untuk membuat pesta pernikahan kamu menjadi sangat penting dan tidak mudah untuk dilupakan.

2. Perkiraan biaya
Setelah membuat daftar apa saja yang penting dalam menggelar pernikahan hal selanjutnya yang harus kamu dan pasangan lakukan adalah memperkirakan biaya yang dibutuhkan untuk daftar item yang telah kamu catat. Untuk memudahkan, kamu bisa membuat folder tersendiri di komputer dalam bentuk Ms. Excel sehingga bisa dengan mudah mengecek hal-hal yang sudah dipersiapkan dan memasukkan budget atau anggaran pernikahan.

Buat juga daftar susunan acara sehingga pelaksanaan pernikahan dan pesta pernikahan tidak terlalu berdekatan (terlebih bila tempat menikah (akad nikah) jauh dari tempat pesta pernikahan).

3. Pendaftaran di KUA atau catatan sipil
Kamu dan pasangan harus mendatangi kelurahan setempat untuk mengetahui syarat-syarat apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftarkan pernikahan. Meski pendaftaran pernikahan bisa dilakukan paling lambat seminggu sebelum hari yang direncanakan, tetapi lebih baik untuk melakukan pendaftaran sejak jauh-jauh hari.

Terutama jika kamu dan pasangan ingin menikah di tanggal yang cantik sebab pastinya banyak juga pasangan yang ingin menikah di hari tersebut. Untuk itu pastikan kamu dan pasangan untuk melengkapi persyaratan dari KUA yang bisa berpengaruh pada acara pernikahan.

4. Menyewa tempat
Jangan lupa untuk menyewa tempat atau venue pernikahan. Jika ingin merayakan pesta pernikahan di gedung, ada baiknya hubungi gedung yang akan digunakan secepatnya, terlebih bila memang pernikahan diadakan di tanggal cantik atau di hari libur.

Cari tahu juga berapa kira-kira kapasitas tamu, luas gedung, tempat parkir (apakah tersedia atau tidak) dan harga sewa gedung. Harga sewa tentu tergantung besar dan ‘ketenaran’ gedung. Buatlah beberapa pilihan gedung lebih dulu sebelum memutuskan untuk menyewa sebagai perbandingan harga. Setelah menentukan gedung yang akan digunakan, bayarlah uang muka (DP) sebagai tanda kesepakatan.

BACA JUGA: 10 Aplikasi Wedding Planner untuk Mempersiapkan Pernikahanmu

5. Menyiapkan katering
katering menjadi hal utama dalam sebuah pesta pernikahan. Menyiapkan katering menjadi hal wajib karena itu biasanya hal tersebut dilakukan untuk menyambut tamu undangan. Tak ada salahnya mengunjungi beberapa katering untuk mengetahui harga dan kualitas makanan.

Vendor katering pernikahan biasanya sudah menyediakan orang atau petugas yang berjaga maupun meja-meja makan, sehingga kamu tidak perlu dipusingkan dengan urusan peletakan meja atau gubug makanan. Selain itu pastikan makanan yang kamu dan pasangan pesan sesuai dengan jumlah dan selera tamu undangan.

6. Undangan dan suvenir
Undangan pernikahan menjadi hal yang harus kamu perhatikan selanjutnya. Biasanya pasangan yang akan menikah akan mengirimkan undangan setidaknya 2 minggu sebelum acara pernikahan dilangsungkan. Hal tersebut dilakukan agar tamu undangan bisa meluangkan waktu untuk datang apalagi jika tinggal di luar kota dan jauh dari tempat pernikahan.

Selain membuat undangan pernikahan ada hal lain yang harus kamu dan pasangan perhatikan yaitu suvenir. Tentukan suvenir pernikahan yang diinginkan jauh-jauh hari sebelumnya. Jangan memesan suvenir secara mendadak karena beberapa suvenir membutuhkan waktu lama untuk dibuat, terlebih jika dipesan dalam jumlah banyak.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika memutuskan tidak menggunakan jasa wedding organizer saat menggelar pernikahan. Jangan sampai ada kesalahan kecil ataupun persiapan yang terlewat yang bisa membuat pernikahan kamu dan pasangan menjadi berantakan.

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Artikel Ini?
+1
3
+1
0
+1
0
+1
0

Tinggalkan Komentar