Pernikahan (Foto: Pexels)

Setiap orang pasti memiliki keinginan dan impiannya masing-masing soal pernikahan. Setiap pasangan tentu menginginkan yang terbaik dan berusaha memberikan yang maksimal kepada tamu undangannya.

Banyak sekali hal yang harus disiapkan mulai dari budget, baju pengantin, dekorasi, undangan, seragam, souvenir, pengisi acara, hingga hal-hal detail lainnya. Tentu hal itu akan menyita banyak waktu dan tenaga. Terlebih lagi kalau kamu mempersiapkan semuanya sendiri tanpa bantuan Wedding Organizer.

Untuk membantumu merencanakan semuanya dengan matang, kamu bisa menggunakan aplikasi wedding planner. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi untuk persiapan pernikahan yang bisa kamu coba.

1. The Knot
Bagi kamu yang terbiasa dengan cara-cara praktis, aplikasi The Knot bisa kamu coba. The Knot merupakan aplikasi wedding planner untuk persiapan pernikahan yang cukup lengkap karena mencakup semua hal. Terkait checklist, timeline, budget, sampai ke pengelolaan daftar tamu ada di dalamnya. Hal ini tentu akan memudahkan dan meringankan kamu dalam mempersiapkan acara istimewamu.

2. Wedding Decoration Ideas
Dekorasi biasanya menjadi salah satu hal yang harus masuk dalam list persiapan pernikahan. Dekorasi adalah hal yang pasti diperhatikan para tamu. Oleh karena itu, setiap pasangan pasti menginginkan dekorasi terbaik di acara istimewa itu.

Untuk memudahkan kamu dalam menentukan dekorasi pernikahanmu, coba gunakan Wedding Decoration Ideas. Aplikasi ini memuat banyak ide dekorasi pernikahan yang bisa kamu sesuaikan dengan budget yang ada.

3. Wedding Happy
Ketika kamu harus merencanakan acara pernikahanmu sendiri, mungkin kamu akan dibuat kewalahan dalam membagi waktu. Aplikasi Wedding Happy sangat cocok untuk kamu yang punya segudang aktivitas, namun tetap harus mengurus acara pernikahanmu sendiri.

Aplikasi gratis ini bisa dibilang sebagai asisten pribadimu. Di dalamnya sudah memuat tugas-tugas yang bisa memandumu sekaligus mengingatkan jadwalmu. Kamu akan diingatkan soal tenggat waktu membagikan surat undangan atau tenggat waktu bayar deposit untuk pengisi acara.

4. Pantone Studio
Pernahkah kamu menghadiri acara pernikahan yang mencantumkan dress code di undangannya? Kalau pernah, berarti mereka adalah tipikal pasangan yang memperhatikan hal detail alias perfeksionis.

Soal tema warna, sebenarnya bukanlah hal yang wajib dan ditemui oleh banyak pasangan. Namu, untuk kamu yang merasa senang dengan warna yang senada dan seirama, aplikasi Pantone Studio bisa kamu coba.

Aplikasi ini mungkin akan berbayar (mulai $4,99/bulan). Namun, aplikasi ini bisa sangat membantu dalam mencari warna yang sesuai dengan keinginan. Hanya dengan sekali potret, aplikasi ini bisa langsung mengidentifikasi warna yang tepat.

5. Mint
Semua persiapan dan dekorasi tentu tak bisa dari biaya atau budget. Untuk kamu yang masih bingung mengatur jumlah budget yang bisa menyesuaikan antara keinginan dan kemampuan, kamu bisa mencoba aplikasi Mint. Aplikasi ini merupakan aplikasi wedding planner untuk persiapan pernikahan yang menyangkut dengan biaya dan anggaran. Jadi, tidak usah takut uangmu habis tidak teratur, karena aplikasi ini akan membantumu mengaturnya dan melacak semua pengeluaran yang ada.

6. Appy Couple
Hal-Hal yang berkaitan dengan tamu undangan juga perlu diperhatikan. Salah satunya soal kartu undangan. Era digital sekarang ini membuat kamu harus terbiasa dengan semua hal yang berbau digital. Undangan pernikahan yang dulunya terbuat dari kertas, sekarang sudah banyak beredar dalam bentuk digital. Selain karena perkembangan teknologi, penggunaan undangan digital ini dinilai cukup praktis dan bisa memangkas budget pernikahan.

Untuk kamu yang mau mencobanya, bisa menggunakan aplikasi wedding planner untuk persiapan pernikahan Appy Couple. Aplikasi ini menyediakan berbagai template undangan yang bisa kamu coba.

7. Music For Wedding
Sejatinya hari pernikahan adalah hari yang sangat membahagiakan bagi kedua pasangan. Oleh karena itu, diperlukan suasana dan situasi yang mendukung momen bahagia ini. Salah satunya dengan menggunakan musik. Bagi kamu yang merasa tidak memiliki biaya yang cukup untuk menyewa band atau pengisi musik di acaramu, Music For Wedding bisa menjadi solusinya. Aplikasi ini tidak hanya bisa memberikan suntikan kebahagiaan pada kedua mempelai, tetapi juga kepada para tamu ketika playlist yang diputarkan nanti mampu membangun mood positif.

8. Etsy
Selain tipe perfeksionis ada juga tipe pasangan pengantin yang unik. Mereka biasanya menginginkan hal-hal yang cenderung out of the box atau memiliki ciri khas dan berbeda dari yang lain. Kalau kamu dan pasangan adalah orang yang seperti itu, maka aplikasi Etsy cocok banget untuk kalian coba. Apalagi kalau kalian suka dengan hal-hal yang berbau DIY.

Aplikasi wedding planner ini adalah tempat yang cocok untuk melihat barang-barang unik dan buatan tangan yang dapat kamu gunakan untuk pernikahanmu. Bisa jadi itu souvenir, undangan, atau mungkin dekorasi.

9. Honeyfund
Biaya hidup setelah menikah biasanya jauh lebih besar daripada biaya acara pernikahan itu sendiri. Tak heran kalau sekarang ini banyak pasangan yang lebih memilih hadiah uang untuk membantu mereka memulai hidup bersama.

Untuk membantu keinginan itu, Honeyfund menghadirkan solusinya. Aplikasi ini memungkinkan para tamu untuk bisa berkontribusi terhadap biaya yang akan digunakan oleh kedua mempelai.

10. Shutterfly
Momen bahagia tentu tidak boleh dan tidak ingin dilewatkan begitu saja. Untuk itu, kamu bisa gunakan Shutterfly untuk membuat semua momen bahagiamu tersimpan dengan baik. Aplikasi ini berfungsi untuk membagikan foto para tamu di acara pernikahanmu tanpa harus mengirim kepada mereka satu persatu. Kamu bisa meringkasnya dengan hanya menjadikannya satu link email.

Itulah 10 aplikasi wedding planner untuk persiapan pernikahan yang bisa kamu coba. Dengan memanfaatkan aplikasi itu diharapkan persiapan pernikahanmu akan terbantu dan menjadi lancar.

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Artikel Ini?
+1
0
+1
2
+1
0
+1
0

Tinggalkan Komentar