Persiapan Malam Pertama (Foto: IG @preweddingkeren)

Setelah resmi menjadi suami istri, momen malam pertama tentu menjadi momen paling dinanti setiap pasangan. Namun, jangan buru-buru di malam penuh arti itu. Lakukanlah beberapa persiapan agar kamu dan pasangan merasa nyaman saat berhubungan seksual pertama kali.

Agar hubungan seksual pertamamu di malam pertama semakin manis, kamu dan pasangan perlu melakukan foreplay. Langkah ini sangat penting baik untuk laki-laki maupun wanita. Pada sebagian studi dikatakan foreplay penting dilakukan bagi wanita. Begitu juga bagi pria karena merupakan sebagai sesi ‘pemanasan’ saat berhubungan seksual.

Dalam Men’s Journal, Ahli Urologi Dan Kesehatan Seksual Dokter Jennifer Berman mengatakan foreplay memiliki banyak manfaat salah satunya membantu menjaga keintiman. Tak hanya keintiman fisik yang terjaga tetapi juga emosional. “Foreplay juga dapat meningkatkan hubungan di luar kamar,” ujar dia.

Kemudian, sebuah studi menunjukkan bahwa hubungan seksual dapat lebih lama dan mencapai orgasme yang lebih baik dengan foreplay. Journal of Sex Research mencatat dengan foreplay, hasrat seksual juga meningkat dibanding sebelumnya.

Hal ini diperkuat penelitian lain yang menyurvei orang berusia 16–64 tahun. Hasilnya, semakin beragam praktik seksual yang dilakukan, seperti penetrasi, ciuman, pelukan, oral, maupun stimulasi manual, maka semakin lama mereka bertahan.

BACA JUGA: 8 Persiapan Fisik yang Perlu Dilakukan Agar Tampil Prima Saat Menikah

Berman mengingatkan, komunikas antarpasangan juga sangat penting. Kamu dan pasangan perlu terbuka untuk menemukan apa yang mereka sukai dan mendengar apa yang disukai pasangannya karena setiap orang memiliki preferensi yang berbeda.

Berman menyebutkan, foreplay bukan satu-satunya cara untuk melakukan hubungan seks yang memuaskan. Tetapi bagi sebagian orang sesi permulaan ini menentukan hasil akhirnya.

Terapis Psikoseksual yang juga seorang profesor di New York University, Dr. Ruth Westheimer menyebutkan penting bagi seorang perempuan dan laki-laki untuk melakukan foreplay. “Khusunya perempuan karena mereka membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencapai gairah berhubungan intim yang dibutuhkan untuk orgasme,” jelas dia.

Namun, rupanya ada banyak manfaat foreplay sebelum berhubungan intim baik perempuan maupun laki-laki.

1. Bisa membakar kalori
Normalnya, pemanasan sebelum berhubungan bisa membakar 150 kalori. Namun, foreplay yang sangat panas bergairah akan membakar lebih dari 300 kalori pada tubuh.

2. Orgasme yang lebih berkualitaz
Dalam penelitian Journal of Research yang menguji laki-laki dan perempuan dalam melakukan stimulasi organ intim hingga orgasme, didapatkan hasil yakni orgasme lebih menyenangkan ketika hasrat seksual telah meningkat sebelumnya. Penelitian lain yang mengambil sampel orang berusia 16 hingga 64 tahun menemukan bahwa dengan beragamnya praktik-praktik foreplay yang dilakukan akan membuat mereka lebih lama dalam berhubungan intim. Kemudian, survei yang dilakukan terhadap 152 pasangan melaporkan durasi ideal untuk foreplay adalah sekitar 18 menit.

3. Menambah kedekatan
Bagi pasangan suami istri yang mempunyai umur pernikahan yang panjang, foreplay akan menambah keromantisan hubungan. Hal ini sekaligus menjadi bumbu ekstra agar pasangan terangsang sepenuhnya dan mencapai kenikmatan maksimal.

4. Untuk hubungan jangka panjang
Manfaat lainnya yakni untuk sebuah hubungan jangka panjang. Dengan berbagai hal yang dilalui dalam pernikahan, mungkin ada saja hal yang membuat hubunganmu dengan pasangan merenggang. Dengan foreplay sebelum berhubungan akan membantu kamu menjaga hubungan dengan pasangan.

5. Bisa mengurangi sakit
Bagi perempuan, dengan mencapai orgasme akan mengurangi nyeri haid akibat kontraksi rahim dan darah yang mendorongnya keluar. Orgasme ini juga memungkinkanmu untuk menguranginya bahkan menghilangkan sakit kepala sama sekali setelah mencapai klimaks.

6. Meningatkan imunitas
Salah satu aktivitas yang dilakukan saat foreplay adalah berciuman. Dalam Journal Medical Hypotheses di University of Leeds disebutkan kecupan dapat menyebabkan penularan Cytomegalovirus antara pasangan yang berciuman. Hal ini menyebabkan tubuh individu yang terekspose akan memproduksi sistem kekebalan tubuh terhadap Cytomegalovirus.

Sistem kekebalan tubuh spesifik terhadap Cytomegalovirus ini penting nantinya untuk perlidungan terhadap janin bila terjadi kehamilan karena infeksi Cytomegalovirus pada periode tertentu akan mengganggu perkembangan janin bila ibu tidak memiliki sistem kekebalan sebelumnya.

Itulah beberapa manfaat foreplay yang bisa kamu dan pasangan dapatkan. Nikmati setiap menitnya agar hubungan seksual pertamamu di malam pengantin menjadi momen manis yang tak terlupakan.

Leave a comment