Persiapan Menikah (Gambar oleh ANURAG1112 dari Pixabay)

Ketika bicara soal pengeluaran untuk menikah, kamu mungkin sering memutar otak untuk wujudkan pernikahan impianmu tanpa menguras habis tabungan dan rasanya banyak impian yang harus tak terwujud demi budget. Oleh karena itu, kamu perlu memiliki tabungan tersendiri untuk dana pernikahan.

Berikut beberapa tips menabung untuk pernikahan agar kamu bisa sepenuhnya bahagia menyambut hari pernikahanmu.

1. Tentukan budget pernikahan
Usai menikah, ada hidup panjang yang harus kamu bangun bersama pasangan. Jadi, sekalipun kamu menginginkan pernikahan impian yang kemungkinan besar memakan biaya besar, penting untuk menentukan budget pernikahanmu. Mungkin bukan nominal pasti, tetapi lebih ke rentang biaya yang ingin kamu keluarkan. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mengalokasikan dana untuk keperluan pernikahanmu.

2. Buka satu rekening khusus tabungan pernikahan
Ketika budget dan tanggal sudah ada dalam rencanamu, mulailah menabung. Untuk memastikan tabungan pernikahanmu benar-benar digunakan untuk hari bahagiamu, kamu dan pasangan bisa membuat akun khusus untuk tabungan pernikahan. Selain membuat proses persiapan terasa lebih menyenangkan, kalian sama-sama terlibat untuk mewujudkan pernikahan impian. Akun ini juga memudahkan untuk memeriksa tabungan yang sudah terkumpul dan pengeluaran yang sudah terpakai selama persiapan.

3. Tentukan nominal tabunganmu
Rutinlah menabung. Mungkin satu bulan sekali, seminggu sekali atau dua minggu sekali, kamu rutin menyisihkan uangmu untuk masuk ke akun pernikahan yang sudah kamu persiapkan. Begitu juga pasanganmu. Seberapa sering menabung, pastikan sudah dikomunikasikan sejak menentukan budget sehingga persiapan pernikahanmu secara finansial tak berat sebelah.

BACA JUGA: 5 Pernikahan Adat yang Makan Biaya Besar

4. Sepakat dalam hal-hal yang menjadi prioritas
Tips menabung untuk menikah yang juga tak kalah penting adalah menentukan prioritas pengeluarannya. Apapun pernikahannya, megah atau intim, banyak detail yang harus kamu pastikan ada saat hari bahagiamu. Jadi, coba duduk bersama pasangan, lalu buat daftar prioritas tentang hal-hal yang diperlukan untuk pernikahanmu.

Dengan begitu, kamu dan pasangan lebih mudah menentukan hal-hal yang bisa dan boleh mengeluarkan biaya relatif tinggi, serta hal lain yang bisa diminimalisir pengeluarannya. Mungkin kamu ingin membeli gaun pengantin dari desainer favoritmu, jadi pengeluaran untuk bulan madu bisa kamu akali dengan pergi ke tempat yang lebih terjangkau.

5. Coba temukan “inklusivitas” saat mencari lokasi pernikahan
Ada beberapa bagian dalam persiapan pernikahanmu yang bisa kamu dapatkan dengan harga terjangkau, tanpa harus menghancurkan impianmu. Mulai dari mencari venue pernikahan yang tawarkan paket all-inclusive. Tak hanya ruang untuk pesta hari pernikahanmu yang ditawarkan, tetapi termasuk katering, jasa layanan selama acara, hingga akomodasi bagi para undangan ketik memutuskan untuk menikah di tempat jauh dari keramaian.

Dengan menemukan lokasi pernikahan, ditambah tawaran tersebut, kamu bisa mengelola tabunganmu dengan lebih leluasa, sekaligus memberikan ekstra biaya untuk hal-hal lain.

6. Lakukan proyek DIY
Ketika kamu memilih pernikahan yang cenderung lebih intim, perayaan bersama sanak saudara dan sahabat, tentu jumlah tamu undangan sudah diketahui. Kamu bisa mengajak beberapa orang untuk lakukan do-it-yourself project seperti menuliskan nama-nama penerima undangan, membungkus souvenir pernikahanmu, atau membuat centerpiece yang akan menghiasi sudut-sudut ruangan.

Selain mendekatkan dirimu dengan orang-orang tersayang, kamu juga bisa menghemat pengeluaran dengan tak kembali menyewa jasa untuk mencetak undangan atau membungkus souvenir pernikahan.

Itulah beberapa tips menabung untuk menikah yang bisa kamu lakukan untuk mewujudkan hari bahagiamu dan pasangan.

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Artikel Ini?
+1
2
+1
0
+1
0
+1
0

Tinggalkan Komentar