Ancaman Keuangan Keluarga (Foto: Pixabay)

Kesadaran untuk mengatur keuangan dengan baik pastinya dimiliki banyak orang, tetapi masih banyak yang hanya menjadikannya sebagai wacana. Ujung-ujungnya, ketika uang mendarat di tangan, tetap menggunakannya tanpa perencanaan yang jelas dan semuanya pun jadi kacau.

Agar pengelolaan keuangan keluargamu bisa berjalan dengan lancar, sebaiknya kamu menghindari lima kesalahan berikut. Karena kesalahan ini bisa mengancam keuangan keluargamu.

1. Tidak memiliki tabungan masa depan
Kesalahan pertama yang harus kamu hindari adalah tidak memiliki tabungan masa depan. Kesalahan satu ini bisa membuatmu menyesal di kemudian hari karena kamu tidak pernah tahu apa yang terjadi di masa depan dan kejadian apa yang menanti.

Tabungan juga seharusnya terdiri dari tiga tabungan untuk keperluan yang berbeda. Tabungan untuk membeli barang yang diinginkan dalam waktu dekat, tabungan untuk situasi darurat, serta tabungan untuk masa depan yang waktunya belum diketahui.

2. Selalu membeli barang yang sedang tren
Maraknya penggunaan media sosial bisa berdampak pada perekonomian dan kondisi finansial seseorang. Pasalnya, jika kamu tidak pandai menahan diri, kamu akan terus menerus berusaha mengikuti tren hanya untuk mendapat pengakuan dari orang lain. Padahal, ini merupakan sebuah pemborosan yang tidak perlu dan kebiasaan keliru yang perlu untuk dihentikan.

BACA JUGA: Tak Harus Kaya, Mapan dan Bekerja adalah Tanda kamu Siap Finansial untuk Menikah

3. Sering nongkrong di tempat mahal
Kebiasaan terlalu sering nongkrong di tempat mahal  yang diluar jangkauan kemampuan finansial juga bisa mengancam keuangan. Sebenarnya pengeluaran imi bisa dipangkas jika bisa mengelola keuangan dengan baik. Ditambah lagi, kamu perlu tahu seberapa banyak pengeluaran yang sebetulnya tidak perlu yang bisa dihindari.

4. Eksis di media sosial tapi tak sesuai isi kantong
Senang pamer barang atau kegiatan keren di media sosial nyatanya juga berdampak pada kondisi keuangan. Jika selalu tergoda untuk upload foto makanan enak, misalnya, kamu jadi sering makan di luar dan lupa untuk berhemat. Apalagi, jika kamu selalu ingin pamer kegiatan liburan seru bareng orang terkasih.

5. Tidak berinvestasi dalam bentuk apapun
Kesalahan mengelola keuangan yang terakhir adalah ketika tidak berinvestasi dalam bentuk apapun. Ada banyak cara untuk berinvestasi yang bisa kamu pelajari. Dari yang sederhana seperti membeli emas atau saham, hingga investasi bentuk lain yang mungkin lebih rumit.

Keliru dalam mengatur keuangan akan menjadikan kamu orang yang boros dan ceroboh. Kalau kamu merasa tidak ada yang salah dan terus melakukan kesalahan yang sama secara berulang-ulang dampaknya akan lebih berbahaya. Cermatilah kebiasaanmu dalam mengelola keuangan keluarga. Apakah kamu melakukan lima kesalahan itu?

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Artikel Ini?
+1
1
+1
2
+1
0
+1
0

Tinggalkan Komentar