PPengaturan Finansial Keluarga ( Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay)

Mengatur keuangan keluarga menjadi tantangan bagi setiap pasangan suami istri. Gara-gara itu, banyak pasangan yang tidak percaya diri ketika mengelola keuangan keluarga tersebut. Untuk mengatasi ketidakpercayaan diri itu, kamu dan pasangan harus selalu meningkatkan pengetahuan seputar keuangan.

Tidak sedikit pria ataupun wanita yang dihadapkan pada kondisi ragu-ragu, apakah akan investasi atau tidak, beli asuransi atau tidak, ambil kredit atau tidak, apakah bisa menabung atau tidak, dan lain-lain. Keragu-raguan itu merupakan tanda kamu dan pasangan tidak percaya diri dalam mengelola keuangan keluarga.

Lalu, sebetulnya apa masalah utama sehingga kamu dan pasangan tidak percaya diri? Biasanya seseorang merasa ragu dan tidak percaya diri dalam mengelola keuangan karena kurangnya pemahaman tentang keuangan. Mereka tidak memiliki edukasi keuangan dan literasi keuangan (financial literacy) yang memadai.

Untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam hal keuangan keluarga, kamu dan pasangan bisa menerapkan beberapa langkah berikut ini.

1. Sudah saatnya kamu meningkatkan pengetahuan seputar keuangan

Solusi ini tidak bisa ditawar. Meningkatkan pengetahuan tentang keuangan adalah keharusan. Ketika sekolah, kita diajarkan soal uang hingga teori ekonomi. Namun kita tidak diajarkan mengenai cara meningkatkan penghasilan, cara mengelola keuangan dengan benar, investasi dan caranya, perencanaan keuangan, dan lainnya.

Namun, kamu tak perlu resah karena ada banyak cara untuk meningkatkan literasi keuangan. Pertama kita belajar dari membaca buku, website mengenai keuangan. Kemudian kita mengikuti seminar dan pelatihan tentang cara mengelola keuangan pribadi, investasi. Terapkan hal-hal yang sudah dipelajari dan segera lakukan kesalahan. Jangan takut melakukan kesalahan, karena orang bisa menjadi sukses jika mereka belajar dari kesalahan.

BACA JUGA:

2. Bertukar pikiran dengan orang yang tepat

Selain meningkatkan literasi keuangan, kamu juga bisa meningkatkan kepercayaan dirimu dengan bertukar pikiran atau berdiskusi dengan orang-orang yang tepat. Kalau kamu mau lebih percaya diri dalam mengelola keuangan keluarga, kamu perlu selektif dan bergaul dengan orang-orang yang memiliki edukasi keuangan.

Kamu juga dapat berkomunikasi dengan perencana keuangan atau financial planner. Perencana keuangan adalah profesi yang bisa membantumu untuk mewujudkan tujuan-tujuan keuangan dengan cara mengelola uang dengan baik dan benar.

3. Kamu bisa memakai aplikasi atau alat bantu

Untuk mempermudah kamu mengelola keuangan keluarga, kamu dapat menggunakan aplikasi keuangan. Kamu bisa mencari aplikasi yang memiliki fitur-fitur untuk membantumu membuat anggaran, mencatat keuangan harian, merencanakan keuangan dan mengelola investasi serta mengecek kesehatan keuanganmu.

Belajar keuangan keluarga itu lebih bersifat praktis dan mudah diterapkan. Belajar keuangan itu seharusnya bukan menghafal definisi, menurunkan rumus, menghafal rumus, tetapi bagaimana cara implementasi ilmu keuangan tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Kamu memang harus mengenal kosa kata tentang keuangan, untuk tahu tentang uang tetapi bukan hafal definisinya, tetapi mengerti konsepnya.

Jadi, mulailah meningkatkan pengetahuanmu mengenai keuangan dan segera menerapkannya. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan dirimu dalam mengelola keuangan keuarga karena sudah memiliki bekal pengetahuan yang mumpuni. Semoga berhasil.

Leave a comment