Sebelum melangsungkan pertunangan, tentunya kamu dan pasangan sama-sama harus melakukan persiapan. Selain mempersiapkan mental, oleh-oleh untuk diberikan kepada keluarga pasangan juga patut diperhitungkan dengan sebaik-baiknya.

Pihak laki-laki biasanya memang membawa barang bawaan untuk acara tunangan. Namun, tidak menutup kemungkinan l pihak perempuan juga turut memberikan buah tangan kepada pihak lelaki.

Sebelum menentukan barang apa saja yang bisa dijadikan bawaan, ada beberapa langkah awal dalam mempersiapkan acara tunangan agar berjalan sukses. Pertama, membuat kesepakatan dengan pasangan mengenai tanggal dan waktu acara.

Membicarakan tanggal dan waktu acara sangat penting, sehingga kamu dan pasangan sama-sama bisa mempersiapkan kedatangan dan penyambutan dengan lebih maksimal. Diskusikan mengenai tanggal yang baik untuk kamu dan pasangan juga keluarga, sehingga mereka yang kamu harapkan untuk hadir bisa turut hadir.

Jangan lupa susun acara tunangan dengan teliti dan hati-hati. Pertimbangkan jam mulai dan sesi apa saja yang akan ada pada acara nanti. Jangan sampai acara pertunangan seakan tidak terjadwal dan memberi kesan seadanya. Selalu ketahui apa saja syarat-syarat tunangan yang perlu kamu lakukan.

Kedua, mengenai barang bawaan tunangan atau hantaran. Soal hantaran juga perlu diskusi tidak hanya dengan keluarga, tetapi juga pasangan. Terlebih bila kamu berpikiran untuk memberi pakaian atau alat make up, tentu lebih baik yang sesuai ukuran dan kesukaan pasangan. Jangan ragu untuk mencari tahu mengenai ukuran baju, merk, hingga kisaran harga make up yang biasa dipakai olehnya.

Ketiga, perkirakan biaya acara pertunangan. Tunangan adalah salah satu tahap yang memang perlu dilalui sebelum menikah. Walau termasuk dalam acara penting, kamu perlu mengingat masih ada kelanjutan acara berikutnya yaitu pernikahan yang bisa memakan biaya lebih besar lagi.

Hal yang perlu kamu perhitungkan adalah biaya transportasi untuk keluarga, hal ini meliputi uang bensin atau sewa mobil, biaya membeli hantaran, biaya membeli cincin tunangan, dan biaya untuk menggelar acara tunangan itu sendiri seperti katering, dekorasi, make up, dan lain-lainnya. Untuk persoalan biaya tunangan, biasanya pihak laki-laki dan perempuan akan saling membantu untuk memenuhi kebutuhan yang ada.

Lalu, hantaran apa saja yang bisa dibawa saat tunangan?

1. Cincin atau perhiasan lain sebagai simbol tunangan
Cincin menjadi barang wajib yang perlu dibawa saat mengadakan acara pertunangan. Tunangan bertujuan untuk menyatakan keinginan menikah seorang laki-laki pada seorang perempuan, yang apabila keinginan itu bersambut, akan dilakukan pemasangan cincin di jari manis sang perempuan.

Tidak ada salahnya untuk mempersiapkan sejak jauh-jauh hari supaya cincin tunangan pilihan kamu tepat baik segi ukuran, model sesuai dengan keinginan pasangan, dan waktu pengerjaan yang tepat waktu. Pastikan kamu memilih vendor cincin tunangan yang terpercaya dan terbaik.

Mengenai harga cincin tunangan, bisa disesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Namun, sekalipun itu hanya cincin tunangan, pastikan kamu memilih yang terbaik dari bahan logam, berlian, ataupun modelnya.

2. Pakaian
Dalam adat jawa, memberi hantaran berupa satu set pakaian dari atasan, bawahan, baju dalam, hingga sepatu memiliki maksud agar calon pengantin nantinya bisa saling menutupi kekurangan masing-masing. Biasanya, calon pengantin lelaki akan memberikan satu set kebaya yang terdiri dari kebaya, jarik, dan juga sepatu yang bisa digunakan saat akad nikah nantinya. Nah, agar model kebaya dan ukurannya pas, membeli barang bawaan tunangan yang satu ini sebaiknya dilakukan bersama.

3. Makanan
Ketika bertandang ke rumah orang lain, tak lengkap rasanya kalau belum membawa oleh-oleh. Tak terkecuali dalam acara tunangan. Kamu juga bisa memasukan sebuah buket buah-buahan atau makanan khas daerah kamu. Supaya lebih menarik, pastikan hantaran makanan kamu dibungkus dengan indah.

BACA JUGA: Perhatikan Persiapan Pertunangan Ini Agar Pernikahanmu Lancar

4. Kosmetik
Rata-rata wanita menyukai berdandan. Menjadikan make up sebagai salah satu barang bawaan tunangan tentu akan menyenangkan pasangan. Pilihlah bedak, lipstick, blush on, dan perintilan-perintilan lainnya yang kerap digunakan kekasihkamu. Dari jauh-jauh hari, kamu memang perlu mencari tahu mengenai apa merk kosmetik yang biasa dia pakai dan berapa harga make up tersebut.

5. Kebutuhan pokok
Hantaran bisa berupa apa saja termasuk perlengkapan dapur seperti kopi, teh, gula, dan lain-lain. Memberikan bahan pangan tidak hanya berguna dalam kehidupan sehari-hari. Bahan pangan juga bisa dipakai ketika menjelang hari pernikahan nanti.

Itulah yang perlu kamu siapkan ketika akan bertunangan. Tidak sulit bukan? Walau begitu, sebisa mungkin untuk mempersiapkan segala sesuatunya sejak jauh-jauh hari agar semua berjalan sebagaimana kamu rencanakan.

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Artikel Ini?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Tinggalkan Komentar