Persiapan Biaya Pernikahan (Foto: ahmadqorie dari Pixabay)

Setiap orang memiliki impian masing-masing untuk pernikahannya. Dan pernikahan sudah tentu memerlukan persiapan yang matang dan biaya yang lumayan besar. Oleh karena itu kamu dan pasangan perlu melakukan persiapan secara finansial agar prosesi pernikahanmu berjalan lancar.

Persiapan dari sisi finansial tidak hanya tanggung jawab mempelai laki-laki, tetapi perempuan juga. Dengan kata lain kamu dan pasangan wajib melakukan persiapan finansial yang matang sebelum melangkah lebih jauh lagi ke jenjang pernikahan.

Ada beberapa persiapan finansial yang kamu dan pasangan bisa lakukan sebagai bekal ke pernikahan.

1. Menabung bersama pasangan
Kesiapan finansial bisa kamu lakukan dengan sama-sama menabung apalagi kebutuhan untuk pernikahan lumayan banyak. Kamu dan pasangan sebaiknya mulai menabung jauh-jauh hari sebelum menikah.

Kamu bisa membuat kesepakatan dengan pasangan tentang besaran uang yang harus ditabung setiap bulannya. Kalian juga bisa menyepakati berapa lama jangka waktu menabung tersebut.

Kamu dan pasangan pun bisa mulai melakukan survei kira-kira seberapa besar total biaya yang dibutuhkan untuk pernikahan. Misalnya saja biaya untuk menyewa tempat, dekorasi, tata rias, katering makanan, pengisi acara, dan biaya lainnya.

BACA JUGA: Membagi Biaya Pernikahan, Bolehkah?

2. Sumber dana dari orang tua
Demi kebahagiaan buah hati, tak sedikit orang tua yang ingin memberikan dukungan secara finansial dalam pernikahan anaknya. Kamu dan pasangan juga bisa memanfaatkan pilihan ini sebagai salah satu sumber keuangan untuk persiapan pernikahan.

Namun, kamu dan pasangan tetap perlu memiliki sumber keuangan lainnya yang berasal dari diri sendiri agar tidak terlalu membebani orang tua.

3. Investasi bersama
Selain itu, kamu dan pasangan pun bisa melakukan investasi bersama sebagai persiapan pernikahan. Tentunya jika pernikahan kalian masih beberapa tahun ke depan. Saat ini semakin banyak pilihan investasi dengan biaya yang relatif terjangkau yang bisa kamu coba.

Meski demikian, harus selalu diingat untuk memilih instrumen investasi yang tepat dan legal. Jangan sampai tergiur oleh investasi bodong sehingga malah mengalami kerugian. Bersikap hati-hati sangatlah penting.

Dengan persiapan finansial yang matang tentu saja perencanaan pernikahanmu akan lebih baik. Memang benar ukuran kesuksesan prosesi pernikahan tak hanya dilihat dari kemewahan saat upacara pernikahan berlangsung. Namun, dengan perencanaan dan persiapan yang matang, tentunya kamu dan pasangan akan lebih tenang menghadapi datangnya hari yang sudah dinanti-nanti itu.

Leave a comment