Anak Berani dan Mandiri (Foto: Pixabay)

Menjadi orang tua tentu saja membahagiakan. Dalam membesarkan buah hati ada beberapa hal yang harus kamu siapkan agar ia tumbuh jadi anak yang mandiri dan pemberani. Rupanya memiliki mental yang tangguh merupakan bekal yang penting agar anak dapat memiliki mengatasi hambatan-hambatan di kemudian hari.

Oleh karena itu, orang tua perlu mengajarkan dasar-dasar mental yang tangguh sejak dini. Ada beberapa cara melatih mental tangguh anak agar menjadi berani dan mandiri yang bisa kamu lakukan.

1. Biarkan anak menentukan pilihan
Salah satu cara melatih mental tangguh yang pertama adalah dengan membiarkan anak menentukan pilihan. Anak yang pemberani dan memiliki mental tangguh adalah anak yang dapat menentukan pilihannya sendiri dan dapat memecahkan masalah.

Namun, harus diingat kalau ia belum bisa memilih hal-hal rumit. Oleh karena itu, kamu bisa memberikan pilihan misalnya menu makan apa yang diinginkan untuk makan siang atau baju apa yang ingin dipakai.

2. Ajarkan kemampuan sosial
Salah satu alasan mengapa anak menjadi penakut dan tidak mandiri adalah karena ia tidak mengetahui cara berinteraksi dengan orang lain. Ia membutuhkan waktu dan latihan untuk bisa berinteraksi dengan orang asing selain keluarganya. Oleh karena itu, kamu harus mengajarkan dasar-dasar kemampuan sosial agar menjadi lebih berani.

Kamu bisa mengajak ia ke supermarket dan perintahkan untuk membayar barang belanjaan di kasir. Selain itu, kamu juga bisa mengajaknya bermain dengan anak teman kamu yang memiliki usia yang sama.

BACA JUGA: Tak Sekadar Panggilan, Perhatikan Hal Ini Saat Memberi Nama Anak

3. Beri contoh langsung
Cara melatih mental tangguh anak yang cukup efektif adalah dengan memberikan contoh secara langsung. Anak belajar dengan efektif dengan cara meniru sikap dan perilaku orang tuanya. Oleh karena itu, kamu bisa melatihnya memiliki mental tangguh dan pemberani dengan mencontohkan hal-hal sederhana kepada.

Misalnya, jika anak takut berenang, kamu bisa mulai menyelam di air untuk menunjukan tidak ada yang harus ditakuti saat berenang. Ketika ia sudah melihat contoh yang baik dari orang tuanya, anak akan menjadi lebih berani.

4. Ajarkan untuk mengekspresikan perasaan
Cara lainnya yakni dengan mengajarkan dan membiarkan anak mengekspresikan perasaannya. Layaknya orang dewasa, anak juga bisa merasakan berbagai macam emosi seperti bahagia, sedih, marah, dan lainnya.

5. Memberi kepercayaan diri pada anak
Agar anak memiliki mental tangguh dan berani, kamu harus memberikan kepercayaan diri pada si buah hati. Kamu bisa tanamkan pola pikir kalau ia bisa melewati berbagai rintangan jika ia berani untuk mencoba. Kamu juga bisa menemani anak pergi ke ulang tahun untuk pertama kalinya agar ia merasa aman dan berani untuk datang.

Itulah beberapan tips yang bisa kamu lakukan untuk melatih mental anak agar menjadi anak tangguh dan pemberani.

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Artikel Ini?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Tinggalkan Komentar