Pesta Pernikahan (Foto oleh Agung Pandit Wiguna dari Pexels)

Ketika kamu dan pasangan memutuskan untuk menikah, tentu saja langkah selanjutnya adalah mempersiapkan pernikahan. Untuk menggelar pernikahan kalian dapat memilih tempat di rumah atau gedung. Ketika memilih gedung, tentunya persiapannya lebih rumit dibandingkan membuat persiapan pernikahan yang diadakan di rumah. Lebih-lebih soal biaya.

Persiapan pernikahan di gedung itu akan memakan biaya yang cukup besar. Maka dari itulah kalian harus bisa merencanakan dengan baik supaya tahu bagaimana caranya menghemat pengeluaran saat mengadakan acara di gedung.

Meskipun begitu, jangan sampai asal melakukan penghematan karena bgaimanapun juga, pernikahan adalah hal yang sangat penting dan ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan. Jadi pastikan sebelum menggelar pesta pernikahan di gedung, sebaiknya atur finansial kalian sematang mungkin.

Untuk sedikit arahan, berikut ini beberapa hal yang harus kaku siapkan bila ingin mengadakan pesta di gedung.

1. Batasi jumlah undangan
Meskipun kapasitas ruangan gedung lebih luas, tetap saja jumlah tamu undangannya harus dibatasi untuk menghemat biaya pernikahan. Cobalah untuk mengundang orang terdekat saja, seperti keluarga besar, rekan kerja, dan sahabat. Sehingga suasana pesta pernikahan menjadi lebih lancar dengan baik dan kalian lebih mudah berinteraksi dengan mereka semua.

2. Pilih vendor pernikahan yang tepat
Untuk menghemat biaya pernikahan, cobalah untuk mencari vendor rekanan gedung yang tepat. Umumnya pihak gedung mempunyai rekanan vendor supaya harganya lebih murah.

3. Ambil paket katering makanan khas Indonesia
Cobalah untuk mengambil paket katering makanan khas Indonesia. Meskipun anak muda di zaman sekarang lebih suka makanan barat, tetap ingat soal biayanya juga. Harga makanan barat tentunya lebih mahal. Kalau ingin menghemat pengeluaran, pilih saja makanan lokal supaya lebih murah.

BACA JUGA: Bukan Cuma Pesta Pernikahan, Catin Harus Persiapkan 1.000 Hari Pertama Kehidupan Calon Anak

4. Sewa baju pernikahan dari vendor yang sama
Menyewa baju pernikahan sangat penting supaya biaya pernikahan menjadi lebih hemat. Bila perlu pilih dari vendor yang sama agar biayanya sudah dimasukkan sekalian dengan harga paket pernikahannya juga.

5. Buat undangan pernikahan digital
Supaya lebih hemat, buat saja undangan pernikahannya berbentuk digital. Cara ini cukup efektif menghemat biaya pembuatan undangan yang selama ini berbentuk kertas menjadi berbentuk digital.

6. Beli souvernir langsung dari perajin
Kalau kalian ingin membeli souvenir, maka beli saja langsung dari perajinnya. Hal ini sangat penting sekali karena dengan membelinya dari perajin akan membuat kalian mendapatkan harga yang lebih murah.

Tentunya ada plus minusnya tersendiri jika kalian ingin mengadakan pesta pernikahan di gedung. Keunggulan menikah di gedung antara lain ruangan luas, lahan parkir luas, lokasi yang mudah dijangkau, mudah dilakukan penataan, dan mendapatkan hasil foto dan video yang bagus.

Meskipun menikah di gedung memiliki banyak kelebihan, tentunya kalian harus ingat dengan konsekuensinya jika menyewa gedung untuk acara pernikahan. Konsekuensinya yaitu kalian harus menyiapkan biaya sewa gedung yang besar dan pasti akan menguras isi kantong kalian. Selain itu, waktu pestanya juga lebih terbatas bila menyewa gedung karena umumnya batas waktu sewanya hanya digelar dari dua sampai dengan tiga jam saja.

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Artikel Ini?
+1
3
+1
4
+1
0
+1
0

Tinggalkan Komentar