Financial Check Up (Foto: Pexels)

Apakah kamu sudah punya tujuan finansial yang kamu inginkan? Kalau kamu sudah punya financial goals yang matang, tentunya kamu berharap semua tujuan keuangan tersebut bisa tercapai.

Dengan memiliki financial goals yang tersusun rapi artinya kamu sudah punya modal dasar untuk mewujudkan berbagai tujuan keuangan itu yaitu niat dan perencanaan.

Namun, niat dan perencanaan aja belumlah cukup. Kedua modal dasar ini harus dibarengi dengan hal yang tidak kalah penting yaitu konsistensi perilaku keuangan dalam mencapai tujuan keuangan tersebut. Konsistensi bisa jadi musuh paling berbahaya kalau tidak disiasati dengan baik.

Untuk menjaga konsistensi dalam mewujudkan financial goals yang sudah disusun, salah satunya dengan membudayakan kebiasaan keuangan yang baik. Berikut kebiasaan keuangan sehari-hari yang sebaiknya kamu terapkan untuk mencapai financial goals yang sudah disusun.

1. Secara teratur mencatat pemasukan dan pengeluaran
Dengan mengetahui secara rinci seluruh pemasukan dan pengeluaran serta kondisi keuangan dari waktu ke waktu, kamu bisa menentukan kapan saat yang tepat untuk mengerem pengeluaran atau kapan bisa sedikit bersantai.

2. Sebaiknya hindari membeli apapun di luar perencanaan
Membeli sesuatu di luar perencanaan (impulsive buying) merupakan salah satu musuh utama dalam perencanaan keuangan. Hal ini yang tanpa disadari sering menggagalkan untuk mencapai financial goals. Salah satu cara mencegahnya adalah dengan menyusun daftar barang yang dibutuhkan ketika ingin berbelanja dan selalu mengikuti daftar tersebut.

Ketika muncul keinginan untuk membeli hal-hal di luar daftar, tanyakan lagi kepada diri sendiri apakah ini memang merupakan kebutuhan atau hanya keinginan sesaat saja.

3. Biasakan menentukan batas pengeluaran tertinggi untuk suatu barang atau kebutuhan
Hal itu bisa kamu terapkan misalnya ketika harus membeli kado untuk teman atau ketika menghabiskan akhir pekan dengan makan di restoran atau nonton bioskop, tentukan berapa maksimal pengeluaran yang dapat kita gunakan. Tentu tetap boleh memberikan hadiah yang berkesan kepada teman dan bersantai di akhir pekan, tetapi jangan sampai berlebihan dan di luar kemampuan.

BACA JUGA: 9 Langkah Perencanaan Keuangan bagi Keluarga Muda

4. Budayakan menabung
Selalu sisihkan pemasukan yang kamu terima untuk berbagai keperluan di masa mendatang seperti dana pensiun dan dana darurat. Untuk dana darurat, tahan seluruh keinginan untuk menggunakan dana cadangan ini di luar peruntukannya.

5. Simpan uang di dompet dengan jumlah seminimal mungkin
Dengan terbatasnya uang tunai di dompet, maka dapat membantu mengurangi impulsive buying khususnya ketika toko tersebut tidak menerima pembayaran non-tunai.

Itulah cara membudayakan kebiasaan keuangan yang baik yang bertujuan untuk mengawal konsistensi perilaku keuanganmu. Semoga financial goals-mu tercapai.

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Artikel Ini?
+1
2
+1
0
+1
0
+1
0

Tinggalkan Komentar