Pernikahan Abah Sarna dan Noni menikah (Foto: Facebook/Agus Suryajaya)

Tanya Tim Ahli: Selamat sore kak, saya ingin bertanya. Bagaimana jika saya memiliki pasangan yang jauh 7 tahun beda usia, dan menurut saya pasangan saya sudah memasuki usia yang mantap untuk menikah, sedangkan saya masih dalam tahap mempersiapkan diri.

Menurut kakak apakah itu tidak apa-apa? Kemudian di usia saya yang sekarang ini apakah kriteria fisik masih bisa menjadi pilihan no 1 dalam menentukan pasangan hidup? Mohon tanggapannya kak. Makasih (AC)

BACA JUGA: Usia Pasangan Terpaut Jauh, Apakah Ada Risikonya?

Tim Ahli* Menjawab:
(*Emeldah Suwandi, S. Psi., M. Psi., Psikolog) Selamat sore AC. Sebenarnya mempersiapkan diri dengan pernikahan sendiri adalah suatu proses. Kalau AC tadi mengatakan beda usia dengan calon pasangan adalah tujuh tahun, maka bisa jadi pada saat ini tingkat kesiapannya berbeda, dan itu tidak apa-apa. Namun memang perlu adanya pengertian dari kedua belah pihak ya. Sampaikan ke calon pasangan bahwa saat ini AC masih sedang berproses.

Usahakan selalu terbuka akan segala sesuatu. Biasanya mendiskusikan perbedaan dengan kepala dingin. Kalau misalnya masih dipenuhi emosi ataupun asumsi, tenangkan diri terlebih dahulu sebelum mulai berdiskusi ya. Semoga dengan selalu belajar mengendalikan emosi dan adanya niat untuk menjadi lebih baik, calon pasangan dapat lebih memahami dan mengerti proses pendewasaan AC ya.

Mengenai pertanyaan kedua, mohon maaf sekali saya kurang memahami berapa usia dari AC saat ini. Namun memang secara general, idealnya kita bisa mulai belajar melihat seseorang tidak hanya dari kriteria fisik saja. Coba untuk melihat kelebihan calon pasangan dari sikap dan kepribadiannya juga. Sebagaimana kita sendiri mungkin juga ingin diperhatikan sisi kelebihan diri selain sisi fisik ya.  Sekali lagi pahami bahwa segala yang AC jalani adalah sebuah proses ya….. Jadi tetap semangat dalam berproses.

Leave a comment