Mitos bulu kucing bikin sulit hamil (Foto dari pexels.com)

Tanya Tim Ahli: Bapak/Ibu, mau nanya. Saat hamil, ada anjuran untuk memperdengarkan suara musik klasik dengan headset ke perut agar didengar janin, supaya merangsang otak cerdas.

Pertanyaan saya:  Kapan saat paling tepat untuk memperdengarkan suara. Apakah malam hari atau bisa siang hari? Kalau yang diperdengarkan itu bacaan Al Quran dan diselingi musik klasik apakah boleh? Terima kasih. (AS)

Baca juga: Cara Menghitung Masa Subur yang Tepat agar Cepat Hamil

Tim Ahli* Menjawab:

(*dr. Fredrico Patria, SpOG dari POGI) Mulai usia kehamilan 20 minggu, organ pendengaran janin mulai berfungsi. Suara ini menjadi salah satu stimulasi pertama pada kehamilan. Penelitian Dr. dr. Hermanto, TJ, SpOG (K), dkk menunjukkan dengan memberikan stimulasi musik klasik, yaitu musik mozart terpilih pada usia kehamilan 20-masa kelahiran dapat meningkatkan jumlah sel otak janin, yang menjadi modal yang baik dalam mempersiapkan bayi siap cerdas.

Musik klasik akan menambah jumlah sel otak janin, menambah jumlah sinaps atau hubungan antar sel otak dan mengurangi apoptosis (kematian sel terprogram) dari sel otak janin. Musik mozart ini dapat diberikan setiap malam pada jam 20-23, selama 1 jam, dan menempel pada pada perut ibu. Pemberian musik mozart dapat dikombinasi juga dengan memperdengarkan bacaan Al Quran, untuk memperkaya lingkungan rohani janin dan membiasakan janin mendengarkan Al Quran.

 

Leave a comment