Bisnis Online (Foto: Pexels)

Pengeluaran keuangan swtelah berumah tangga tentu berbeda dibandingkan ketika masih single. Kebutuhan yang harus dicukupi pun semakin banyak. Tak jarang pasangan suami istri memerlukan pemasukan tambahan. Salah satu caranya dengan membuka bisnis online.

Dalam merintis bisnis online, banyak pebisnis pemula yang gagal dalam merintis usaha mereka dikarenakan kesalahan dalam mengatur alur keuangan. Agar bisnis yang mereka rintis dapat terus berkembang maka kemampuan mengatur keuangan secara efektif adalah syarat mutlak.

Berikut beberapa tips sederhana untuk dapat meningkatkan kemampuan mengatur keuangan secara efektif.

1. Budgeting
Membuat perencanaan keuangan (budgeting) sangat perlu dilakukan dalam mengatur bisnis online. Dengan menyusun budgeting, kamu harus menetapkan target dan perencanaan jangka pendek hingga jangka panjang untuk membantu membatasi pengeluaran dengan target yang ditetapkan.

Selalu lakukan secara berkala dalam menyusun budgeting, mulai dari berapa banyak dana yang dibutuhkan hingga pemasukan yang diterima. Hal ini akan mempermudah kamu untuk menggunakan uang sebaik mungkin, karena kondisi dan kebutuhan akan berbeda setiap bulannya.

2. Memisahkan keuangan pribadi dengan bisnis
Memisahkan tabungan pribadi dengan tabungan bisnis akan lebih mudah dalam membuat pembukuan usaha menjadi lebih jelas dan terstruktur. Dengan memisahkan rekening, akan memperkecil risiko pertanggungjawaban jika pendapatan usaha digunakan untuk keperluan pribadi. Sehingga, kamu bisa lebih mudah mengetahui kondisi keuangan bisnismu apakah stabil atau tidak.

3. Membuat laporan keuangan
Proses laporan keuangan yang sering disebut dengan proses pembukuan, menjadi proses penting dalam menjalankan bisnis online. Proses ini akan merekap data keseluruhan informasi keuangan dari pengeluaran hingga pemasukan yang didapat.

Biasanya pebisnis pemula sering kali kebingungan antara jumlah pendapatan dan pengeluaran bisnisnya. Dengan memiliki laporan keuangan, kamu dapat memperoleh informasi keuangan usaha yang kamu jalankan secara rinci dan sebagai acuan penting dalam mengambil keputusan untuk ke depannya.

BACA JUGA: 3 Solusi untuk Kondisi Keuangan Keluarga yang Lebih Besar Pasak daripada Tiang

4. Menyiapkan keuangan cadangan
Dalam menjalani bisnis pasti ada masanya ketika bisnis yang digeluti mengalami kerugian. Walaupun sudah membuat perencanaan sebaik mungkin, terkadang hal-hal di luar prediksi dapat terjadi.

Masalah yang datang tentu sangat berpengaruh pada keuangan bisnis jika salah mengambil langkah dalam melewati masa-masa tersebut. Oleh karena itu, kamu harus mempunyai rencana lain jika keadaan buruk terjadi.

Pastikan kamu memiliki uang cadangan untuk membantu meringankan beban sehingga kamu bisa memutar uang tersebut untuk melanjutkan kembali bisnis online yang kamu impikan.

5. Memanfaatkan teknologi
Hal yang sering menjadi kendala dalam mengelola keuangan bisnis online yaitu dibutuhkannya ketelitian dan konsistensi untuk mengatur cash flow agar tidak berantakan. Banyak aplikasi yang dapat membantu pencatatan laporan keuangan secara sederhana untuk dapat mempermudahkan pekerjaanmu.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu jalankan ketika akan memulai bisnis online. Semoga bermanfaat.

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Artikel Ini?
+1
3
+1
0
+1
0
+1
0

Tinggalkan Komentar