Pasangan Muda (Foto: pexels)

Ketika menjadi orang tua, sudah seharusnya untuk mengetahui tentang parenting yakni ilmu yang berkaitan dengan cara mengasuh anak. Ketika sudah memiliki anak atau sebelum anak lahir, bahkan sebelum menikah setiap pasangan muda harus memiliki pemahaman soal parenting.

Sebagai calon orang tua, kamu dan pasangan pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Oleh karena itu, sebaiknya kamu dan pasangan membekali diri dengan pengetahuan seputar parenting agar menjadi orang tua yang cerdas dalam mendidik generasi emas.

Berikut beberapa hal yang perlu kamu dan pasangan perhatikan ketika akan menikah khususnya soal parenting.

1. Tentukan tujuan parenting bersama pasangan kamu
Menentukan tujuan pengasuhan itu penting agar memiliki pedoman dalam melakukan pengasuhan sesuai kesepakatan bersama pasangan. Misalnya saja tentang hal yang diperbolehkan untuk dilakukan oleh anak, hal yang dilarang dan menerapkan budaya di dalam rumah yang bisa diterapkan sejak anak usia dini. Tujuan ini harus didiskusikan bersama pasangan dan diterapkan dalam praktiknya nanti.

2. Didik anak sesuai dengan zamannya
Orang tua tidak boleh menutup mata terhadap perubahan yang ada dan ini menjadi kewajiban untuk selalu mengikuti perkembangan zaman. Mendidik anak juga harus disesuaikan dengan zamannya namun berdasarkan gaya dan tujuan pengasuhan yang sudah ditetapkan di awal.

3. Miliki pola pikir bahwa anak adalah amanah bukan beban
Kamu dan pasangan perlu menanamkan pola pikir bahwa anak adalah amanah, bukannya beban.
Jika menerapkan mindset ini maka kamu dan pasangan akan menjaga amanah itu dengan sebaik-baiknya dalam keadaan apapun. Bagaimanapun nanti sifat, kelemahan dan kelebihan anak akan selalu disyukuri. Parenting membutuhkan keikhlasan untuk memberikan segalanya yang terbaik untuk anak.

BACA JUGA: Calon Orang Tua di Masa Depan, Persiapan Perlu Direncanakan dari Remaja

4. Teruslah bekerja sama dengan pasangan dan belajar
Parenting merupakan tugas kedua orang tua. Bekerja sama dalam mendidik anak dan terus belajar dengan tidak menutup diri terhadap ilmu pengetahuan yang baru adalah contoh orang tua yang hebat. Belajar kepada ahlinya juga merupakan pilihan yang tepat seperti psikolog anak atau praktisi parenting. Hal ini bertujuan agar kamu dan pasangan memahami bagaimana cara mendidik anak dengan baik berdasarkan ilmu.

5. Tingkatkan kualitas diri agar menjadi role model yang baik
Meskipun sudah menikah, kamu dan pasangan tetap harus mengembangkan diri agar dapat mendidik dengan baik. Apalagi anak adalah peniru yang ulung yang akan meniru apa yang dilihatnya dari orang tua. Maka jadilah role model yang baik untuk anak. Ketika menginginkan anak untuk menjadi hebat, maka orang tua dulu yang harus menjadikan dirinya hebat.

Tidak ada salahnya kamu dan pasangan mempersiapkan hal ini sedini mungkin. Sesuatu yang dipersiapkan dengan baik akan mengurangi kepanikan dalam menghadapi hal mengejutkan nantinya dalam hal parenting. Ingatlah pendidikan terbaik dan pembelajaran hidup bagi anak berasal dari orang tuanya.

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Artikel Ini?
+1
2
+1
3
+1
0
+1
0

Tinggalkan Komentar