Pengaturan Keuangan (Foto: Pixabay)

Banyak ekonom yang memperkirakan tahun 2023 Indonesia harus menghadapi resesi global. Ketidakpastian situasi tahun 2023 bukan alasan untuk menyurutkan niat membeli rumah setelah menikah.

Business Corporate Sales Divisi Penjualan BNI DigiGriya Zaza Paramita membagikan tips kepada masyarakat tentang membeli properti. Salah satunya memilih properti dari developer reputasi baik.

“Pertama perlu memilih properti dari developer ternama yang sudah memiliki reputasi baik khususnya di dunia properti. Selain itu, juga bisa mencari bank yang bisa memberikan fasilitas KPR sesuai dengan profil kita masing-masing,” katanya dalam siaran pers.

Zaza juga menyarankan masyarakat mencari properti di lokasi yang strategis, sehingga bisa memberikan akses mudah jika ingin berpergian. Kemudian, terkait jenis properti atau hunian yang cocok dijadikan investasi di tahun 2023, dia menyebut hunian primary dan secondary dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

“Keuntungnnya kalau misalkan masyarakat membeli properti primary, pasti kalian mendapatkan bangunan yang serba baru, sehingga bangunan masih dalam bentuk prima dan mengikuti tren yang ada saat ini,” tutur dia.

Selain itu, mereka juga memiliki banyak pilihan properti yang bisa menjadi opsi bagi masyarakat. Namun, ada juga downsidenya yakni mengharuskan inden.

“Lingkungannya juga biasanya masih dalam penataan,” terang Zaza.

BACA JUGA: 8 Tips Supaya Kamu Bisa Beli Rumah Sendiri Setelah Menikah

Sementara itu, Digital Sales Tim Divisi Penjualan BNI DigiGriya Dio Nugraha berbicara mengenai hunian secondary. Menurut dia, properti ini sudah siap huni dan lingkungannya sudah ada sehingga ada sarana transportasi publik serta fasilitas lainnya.

“Tapi downside-nya biasanya perlu perbaikan ekstra saat membeli rumah secondary. Selain itu, cara bayar rumah secondary tidak sefleksibel properti primary, di mana memerlukan DP minimal 20 persen dan DPnya tidak bisa dicicil seperti rumah primary,” tutur Dio.

Head of Business and Development Pinhome Albert Karwelo menambahkan, bagi mereka yang sudah memiliki persiapan lebih awal khususnya dana, kabar resesi dapat menjadi golden opportunity untuk mendapatkan properti dengan harga dan bunga yang relatif lebih murah.

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Artikel Ini?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Tinggalkan Komentar