Persiapan Menikah (Gambar oleh ANURAG1112 dari Pixabay)

Begitu tanggal pernikahan sudah ditetapkan, pasangan calon pengantin akan sibuk dengan berbagai persiapan menikah seperti persiapan mental, biaya, dan pesta. Namun, ada persiapan satu lagi yang tak kalah pentingnya yaitu persiapan fisik.

Mempersiapkan pesta pernikahan memang memakan banyak energi dan waktu. Saking banyaknya yang harus diurus, calon pengantin bisa stres dan kecapaian.

Persiapan pernikahan memang sangat menguras tenaga dan waktu. Jika fisik tidak dipersiapkan dengan baik, takutnya kamu malah sakit saat menjelang hari spesial.

Lalu, persiapan fisik seperti apa yang bisa kamu lakukan?

1. Olahraga Teratur

Salah satu cara termudah untuk mempersiapkan fisik sebelum menikah adalah olahraga secara teratur. Selain menyehatkan tubuh, olahraga secara teratur juga bisa mengurangi stres dan membuat mood menjadi lebih baik.

Kamu bisa olahraga dengan melakukan jalan sehat di pagi hari, jogging, zumba, atau berenang. Cukup lakukan olahraga selama 30 sampai 35 menit saja setiap hari. Dijamin fisik akan lebih kuat saat menjelang hari pernikahan.

2. Meditasi

Orang yang akan menikah biasanya juga merasa tertekan hingga merasa stres. Kelelahan saat mempersiapkan pesta pernikahan hingga merasa cemas karena akan segera menikah bisa menimbulkan stres. Calon pengantin bisa jadi tidak fokus dan malah uring-uringan

Saat pikiran tidak tenang dan stres muncul biasanya juga akan mempengaruhi kondisi fisik menjadi ikut tidak sehat. Oleh karena itu penting sekali untuk membuat pikiran tetap tenang dan menghindari hal-hal yang bisa membuat stres.

Salah satu cara termudah untuk menghindari stres yaitu dengan melakukan meditasi, memanjakan diri dengan spa, atau liburan.

3. Lakukan Vaksinasi HPV

Persiapan fisik sebelum menikah lainnya yang penting yaitu vaksinasi HPV. Jenis vaksin ini sangat diperlukan bagi setiap perempuan yang akan segera menikah. Vaksin HPV bisa mencegah perempuan terinfeksi kanker pada leher rahim atau kanker serviks. Sekitar 6 bulan sebelum hari pernikahan, sebaiknya mulai lakukan vaksinasi HPV ya.

4. Pilihlah Makanan Bergizi

Agar kondisi fisik tetap prima, pilihlah makanan yang baik dengan mengurangi makanan-makanan cepat saji. Perbanyak pula memakan buah dan sayur agar kesehatan kulit tetap terjaga. Batasi makanan dan minuman tinggi kalori, gula, garam, lemak dan alkohol dan bisa menggantinya dengan camilan sehat.

5. Bebas Asap Rokok

Jika kamu ingin memiliki tubuh dan pikiran yang sehat, maka berhentilah merokok bagi yang merokok. Mungkin kamu sudah mengetahui dampak dari asap rokok tersebut bagi kesehatan tubuh. Kalau kamu tidak merokok sebaiknya menghindari lingkungan yang banyak terpapar asap rokok.

6. Melakukan Perawatan Kecantikan

Manfaatkanlah waktu luangmu di sela-sela kesibukan untuk sekadar pergi ke salon demi merawat badan dan wajahmu. Mengurus pernikahan pastilah akan membuat badan dan pikiran lelah dan membutuhkan perawatan agar terlihat segar kembali.

Lakukanlah perawatan mulai dari ujung kaki hingga ujung kepala seperti spa, manicure, pedicure serta perawatan wajah dan rambut yakni creambath dan facial. Lakukanlah secara berkala dengan waktu paling lambat adalah dua minggu sebelum hari pernikahan untuk facial dan dua hari sebelum hari-H untuk perawatan tubuh.

7. Cek kesehatan

Kalau kamu ingin melakukan pengecekan kesehatan sebelum menikah, pergilah ke klinik kesehatan lebih kurang enam bulan jelang pernikahan. Apalagi jika kamu ingin melakukan program kehamilan langsung setelah menikah. Melakukan pengecekan ini bisa mencegah penyakit keturunan dan penyakit menular agar bisa diatasi lebih dini.

8. Tidur yang Cukup

Waktu tidur ideal adalah 7-9 jam per hari saat malam hari. Dengan tidur yang cukup, aktivitas keseharian akan lebih berkualitas.

9. Mencegah Cedera

Sebaiknya jaga kondisi fisikmu selalu prima selama menyiapkan pernikahan. Hindarilah hal atau aktivitas yang bisa menimbulkan cedera sehingga kamu bisa melangsungkan pernikahan sesuai rencana.

Dalam menyiapkan pernikahan perlu keseimbangan antara persiapan mental dan fisik. Kedua hal itu akan saling berkaitan. Ketika fisik tidak sehat, maka kondisi psikismu juga akan terpengaruh. Dengan mental dan fisik yang prima, persiapan pernikahan yang menguras tenaga dan waktu itu pasti akan bisa dilakukan dengan baik.

Leave a comment