Persiapan Kehamilan (Foto: Pixabay)

Kehamilan merupakan peristiwa besar, khususnya bagi pasangan yang baru pertama kali akan dikaruniai anak. Sebagai calon ibu, kamu pasti merasa senang juga berdebar. Tentu saja banyak persiapan yang harus dilakukan.

Persiapan kehamilan yang baik seharusnya dimulai sejak persiapan pra-kehamilan. Artinya, sebelum masa kehamilan tiba, calon ibu sudah perlu menyiapkan diri agar janin yang dikandung dapat tumbuh dan berkembang dengan baik hingga saat dilahirkan. Jadi, calon pengantin perlu mempersiapkannya.

Berikut tips persiapan kehamilan sehat yang perlu kamu ketahui.

1. Kehamilan yang terprogram
Kehamilan yang baik adalah kehamilan yang terprogram. Oleh karena itu, luangkan waktu khusus untuk persiapan kehamilan tersebut. Dengan waktu yang tertata secara baik, kamu dan pasangan akan dapat menyambut datangnya kehamilan dengan lebih baik tanpa terlalu sibuk, stres, atau capai.

2. Menjaga kondisi kesehatan dengan baik, termasuk berat badan
Kesehatan yang optimal dan berat badan yang relatif ideal akan menjadikan calon ibu lebih siap dalam memproduksi sel telur yang sempurna. Sel telur yang sempurna akan dibuahi dan menjadi janin yang sempurna pula.

Selain itu, perhatikan asupan gizi dengan baik serta seimbang, dan hindari makanan cepat saji atau yang mengandung bahan kimia. Sebaiknya konsumsi makanan alami yang mengandung asam folat tinggi, karena merupakan pilihan yang bagus dan tepat untuk persiapan kehamilan.

Asam folat merupakan zat yang akan berperan penting dalam pertumbuhan otak janin, yang akan terjadi pada bulan pertama sampai 12 minggu pertama kehamilan. Sebagai calon ibu, pengantin perempuan disarankan sudah mengkonsumsi asam folat ketika mempersiapkan pernikahan.

Apabila vitamin yang kamu konsumsi dirasa tidak cukup dan memerlukan tambahan suplemen, kamu bisa datang ke dokter kandungan untuk berkonsultasi dan mendapatkan nasihat.

Ada sebagian vitamin yang sebaiknya dikonsumsi dan tidak dikonsumsi oleh ibu hamil. Dokter akan memberikan nasihat mengenai hal itu. Obat-obatan yang kamu konsumsi akan ikut mempengaruhi tingkat kesuburan. Oleh karena itu, jika selama mempersiapkan kehamilan kamu masih mengonsumsi suatu obat tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sehingga persiapan kehamilan akan lebih optimal.

3. Hindari polutan dan alkohol
Sebaiknya kamu menghindari polutan dan alkohol. Terpapar rokok atau asap rokok, alkohol, polusi udara dalam waktu lama akan berpengaruh negatif pada tubuh kamu.

BACA JUGA: Pentingnya Mengonsumsi Asam Folat sebelum Menikah dan Hamil

4. Rutin berolahraga
Berolahraga secara rutin juga merupakan upaya persiapan kehamilan yang baik. Dengan berolahraga, kamu dapat lebih mempersiapkan fisik dengan baik, meningkatkan kesuburan serta kualitas hubungan dengan pasangan. Selain itu, fisik yang kuat akan sangat membantu pada saat proses persalinan.

5. Pikiran yang rileks
Persiapan kehamilan kehamilan tidak perlu membuat stres dan tertekan. Oleh karena itu, meskipun kamu berupaya untuk hamil, tetap nikmatilah kebersamaan dengan pasangan. Selain itu, kamu juga tak perlu terlalu terbebani oleh persiapan kehamilan tersebut.

Pikiran yang rileks akan membuat tubuh rileks, begitu pula sebaliknya. Jika kamu belum pernah mengalami kehamilan, bisa jadi kamu masih bingung dan ragu mengenai apa saja yang perlu dilakukan.

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Artikel Ini?
+1
3
+1
1
+1
0
+1
0

Tinggalkan Komentar