Persiapan Bertemu Calon Mertua

Kekasih mengajak bertemu orangtuanya? Wah pasti kamu senang ya. Selain rasa senang, pasti ada pula rasa grogi yang tak bisa dihindari untuk bertemu calon mertua pertama kali. Harus bagaimana dong?

Jangan terburu-buru merasa senang ya, kamu harus memastikan status kalian sebelum dia memperkenalkan kamu kepada orang tuanya. Saat pria memperkenalkanmu ke orangtuanya, sering diartikan sebagai cara dia untuk menunjukkan kesungguhan hatinya. Sesungguhnya, perkenalan itu baru jalan awal, karena Si Dia sejatinya ingin mendapatkan restu dari orangtuanya terlebih dahulu.

Jadi, tujuan paling utama untuk pertemuan dengan calon mertua adalah mendapatkan restu. Kemungkinan lanjut atau batal ke pelaminan bisa ditentukan dari pertemuan pertama ini.

Jaga sikap kamu di depan calon mertua. Karena sikap meninggalkan kesan bagi mereka maka bersikaplah ramah dan sopan. Dengan demikian calon mertua tidak akan ragu akan pilihan anaknya sebagai pendamping hidupnya. Lakukan persiapan berikut ini sebelum bertemu calon mertua.

  1. Minta Masukan Kekasih

Kekasihmu adalah orang yang paling mengenal orangtuanya. Karena itu, tanyakan tentang karakter dan aktivitas orangtuanya, apa saja kegemarannya, harapan atas calon menantunya, hobi, juga makanan kesukaan. Jangan minder kalau kamu tak memiliki hobi yang sama dengan calon mertua.

Tujuan kamu bertanya adalah mengumpulkan bahan perbincangan agar tidak canggung saat bertemu nantinya. Usahakan membawa oleh-oleh atau buah tangan untuk calon mertua. Akan lebih baik lagi jika kamu membawa oleh-oleh kesukaan mereka seperti yang kakasihmu sampaikan. Biasanya berupa makanan, kue, atau buah segar.

  1. Tepat Waktu

Datanglah sesuai dengan waktu yang sudah disepakati. Usahakan untuk tepat waktu baik hari maupun jamnya. Karena pertemuan pertama biasanya sudah disiapkan waktu khusus. Jangan sampai calon mertuamu sudah menyisihkan waktunya tetapi kamu datang telat dan membuat mereka menunggu. Ini akan memberi kesan yang tidak baik.

BACA JUGA:

  1. Kenakan Busana yang Sopan

Kenakanlah pakaian yang sopan dan  membuat ibunya senang karena kesan pertama. Kamu perlu tampil sopan karena belum tahu preference fashion calon mertua. Karena itu gunakan standart sopan yang umum. Lebih baik lagi jika kamu mendiskusikan apa yang cocok untuk dipakai.

  1. Jadi Diri Sendiri

Pertemuan pertama dengan calon mertua kamu akan merasa canggung. Untuk mengalihkan kecanggungan jangan sampai kamu sibuk memainkan ponselmu. Kalau kamu bingung untuk memulai pembicaraan, cukup berikan senyuman pada calon mertua kamu. Dengan kamu tersenyum akan memancing calon mertua mulai pembicaraan dan jangan memberi jawaban seadanya agar komunikasi berjalan lancar.

Setelah komunikasi berjalan lancar jangan sekali-kali memberi pernyataan yang berisi kebohongan. Terutama masalah pribadimu. Harus diingat jika kebohongan akan terungkap cepat atau lambat. Dan kamu akan dicap sebagai pembohong  oleh calon mertuamu. Jadilah dirimu sendiri.

  1. Hargai Suguhan Makanan Calon Mertua

Apapun camilan atau makanan yang disediakan calon mertua jangan dikritik atau menunjukkan ketidak sukaan. Beri kesan camilan atau makanan yang mereka suguhkan kamu suka. Jangan pilih-pilih makanan, karena bisa had calon mertua sudah susah payah mempersiapkan masakan yang dihidangkan. Tetapi ingat jangan sampai kamu habiskan semua untuk menyenangkan hati calon mertua, nanti kamu bisa dicap rakus.

  1. Simpan Rahasia Ini

Ada beberapa hal yang tidak perlu kamu sampaikan pada calon mertua saat pertemuan pertama. Pertama, rahasia keluarga mereka yang sudah disampaikan oleh pasangan. Meskipun kamu tahu, simpanlah sebagai rahasia. Jangan sampai kamu membukanya di depan calon mertua.

mengatakan apa yang pacarmu ceritakan padamu. Bisa saja itu aib keluarga yang sebenarnya hanya ingin dia bagi denganmu. Jadi jangan sampai keceplosan bicara aib didepan keluarganya. Mereka pasti akan merasa malu dan tersinggung jika kamu melakukannya.

Berikutnya adalah sifat jelek calon pasangan yang kamu tidak suka. Tidak mungkin kan calon pasanganmu sempurna seutuhnya. Pasti ada sisi negatif yang tidak kamu suka. Tapi, jangan sampaikan kritik atas pasanganmu kepada orangtuanya saat pertemuan pertama. Bagaimanpun bagi orangtua, anak mereka adalah yang terbaik. Mereka akan kecewa jika anaknya dijelek-jelekkan.

Kunjungan pertama ke rumah calon mertua merupakan awal dari lancarnya hubungan kalian ke tahap selanjutnya. Beri kesan yang baik karena jika telah menikah nanti calon mertua akan menjadi orang tua kamu juga. Oleh sebab itu jangan sampai bersikap buruk terhadap mereka, ya.

 

Leave a comment