Mempersiapkan Dana Darurat (Foto: Pixabay.com)

Bagi setiap keluarga pasti memiliki kebutuhan yang berlainan. Besarnya dana yang harus dikeluarkan tergantung dari seberapa banyak jumlah anggota keluarga yang harus dihidupi. Selain harus siap dengan pengeluaran rutin, kamu juga harus siap dengan pengeluaran dadakan karena kejadian tak terduka. Di sinilah peran dana darurat sangat terasa.

Dana darurat adalah dana yang kamu siapkan secara khusus untuk kebutuhan mendadak atau di luar rencana. Kebutuhan tak terduga itu misalnya dana untuk berobat, kendaraan, kecelakaan, atau kebutuhan mendadak lainnya. Nah, kamu juga harus bisa mengatur dana darurat ini. Berikut ini beberapa trik yang bisa kamu terapkan untuk mengatur dana darurat.

1. Gampang dalam pencairan
Dana darurat harus mudah dicairkan. Dana tersebut harus bisa segera diperoleh saat ada kondisi mendesak. Kamu juga harus memastikan mendapatkan dana ini dengan bentuk tunai dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu, kamu bisa memilih instrumen penyimpanan dana darurat yang fleksibel seperti tabungan di bank atau logam mulia.

2. Pisahkan dengan dana lain
Perlu kamu pahami kalau dana darurat bukanlah investasi dan bukan dana pendidikan anak. Kamu harus memisahkan dana darurat dari dana lain walaupun memang dana ini dipersiapkan untuk keluarga. Dana darurat memang harus dipisahkan karena peruntukannya berbeda.

3. Sumber dana darurat
Jumlah dana darurat yang harus dipersiapkan idealnya memang menyisihkan 10% dari gaji bulanan. Namun, dana darurat tidak harus bersumber dari penghasilan bulanan. Kamu dapat memisahkannya dari sumber lain misalnya mengambil dari komisi harian, bonus tahunan, Tunjangan Hari Raya (THR), dan beberapa penghasilan tambahan lainnya.

BACA JUGA: 

4. Tentukan jumlahnya
Jumlah anggota keluarga sangat memengaruhi jumlah dana yang harus dipersiapkan. Kalau sudah menikah, jumlah anak sangat menentukan berapa idealnya dana darurat yang sebaiknya kamu miliki. Dana ini biasanya sejumlah tiga kali penghasilan.

5. Dana darurat untuk keluarga dengan 1 anak
Kalau kamu sudah menikah dan sudah memiliki satu anak, jumlah dana darurat yang harus kamu siapkan idealnya adalah sebesar 9 kali dari penghasilan bulanan. Dana ini setidaknya dapat menyambung hidup kamu selama 3 hingga 6 bulan ke depan.

6. Dana darurat untuk keluarga yang punya 2 anak atau Lebih
Kalau kamu punya 2 orang anak, maka dana darurat yang harus kamu siapkan sebanyak 12 kali dari penghasilan. Bila kamu punya 3 orang anak, idealnya dana darurat adalah 15 kali dari penghasilan bulanan. Besarnya jumlah dana darurat itu dihitung dari masing-masing satu anggota keluarga diberikan rancangan sebesar tiga kali dari penghasilan bulanan. Dengan kata lain, cara menghitung dana darurat adalah jumlah anggota keluarga dikali tiga.

Dalam hidup ini, peristiwa yang akan terjadi tidak dapat kita diketahui. Inilah kenapa kita perlu melakukan persiapkan dana darurat sejak dini. Jika kamu belum membuatnya, mulailah dari sekarang yang paling penting adalah kamu harus dapat menjalankannya dengan teratur.

Leave a comment