ASI untuk Anak (Foto: Pexels)

Pemberian Air Susu Ibu (ASI) secara eksklusif kepada bayi selama enam bulan berturut-turut menjadi salah satu cara mencegah agar bayi tidak tumbuh stunting. Tak hanya peran ibu yang penting untuk menyukseskan ASI ekslusif. Peran ayah pun sangat dibutuhkan oleh seorang ibu dalam pemberian ASI eksklusif.

Hal tersebut disampaikan Direktur Bina Keluarga Balita dan Anak Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dr. Irma Ardiana, MAPS yang mewakili Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) BKKBN Nopian Andustri, S.E., M.T saat membuka Webinar Seri ke 6: Dukungan Ayah ASI Bantu Sukses Menyusui, Kamis (27/10/2022).

Ia memaparkan, sebagai sosok yang dekat dengan ibu, banyak hal yang dapat ayah lakukan untuk mendukung ibu selama menyusui. “Bentuk dukungan yang bisa dilakukan, di antaranya membantu mengurus bayi selama ibu menyusui dan mengatasi berbagai permasalahan selama proses menyusui,” kata dia.

Ia menjelaskan, BKKBN akan terus memberikan promosi, komunikasi, infomasi serta edukasi peran dan dukungan ayah dalam menyukseskan ASI eksklusif pada masa 1000 Hari Pertama Kehidupan sebagai upaya percepatan penurunan stunting kepada keluarga dan juga masyarakat. Adapun kelompok sasarannya adalah remaja atau calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui, dan juga keluarga yang memiliki anak usia 0–59 tahun.

Ia memaparkan, peran seorang ayah sangat penting sekali dalam memberikan dukungan serta dalam mendukung pemberian ASI. Seorang ayah juga dapat menciptakan komunikasi yang baik dengan keluarga, terutama interaksi kepada anak-anaknya.

Oleh karena itu ia meminta kepada kader-kader di kelompok bina keluarga balita atau para penyuluh KB untuk terus menyosialisasikan hal tersebut kepada masyarakat.

“Untuk meningkatkan pengetahuan dan juga keterampilan orang tua dan anggota keluarga lainnya dalam pengasuhan dan pembinaan tumbuh kembang anak yang kita lakukan seperti hari ini melalui kegiatan promosi dan juga komunikasi, informasi, edukasi yang disampaikan oleh kader di kelompok-kelompok bina keluarga balita dan atau para penyuluh Keluarga Berencana ini sangat penting,“ ujarnya.

BACA JUGA: Jadikan Pekan ASI Sedunia sebagai Momentum Tingkatkan Pemberian ASI Eksklusif

Senada dengan Dokter Irma, Anggota Komisi IX DPR RI Dr. Hj. Kurniasih Mufidayanti, M. Si mengatakan peran ayah sangatlah penting dan sangat strategis sekali. Dia pun meminta agar menguatkan kembali peran ayah untuk menyukseskan ataupun melancarkan program ASI eksklusif untuk anak-anak.

“Peran ayah sangat dibutuhkan dan sangat penting sekali di dalam pendampingan ibu memberikan ASI eksklusif kepada anak-anaknya,” kata dia.

Ia menjelaskan, ASI eksklusif sejak usia balita menjadi sangat penting dalam upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) bangsa Indonesia terutama dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan.

Dia menambahkan, peran seorang ayah juga sangat penting dalam mendukung ibu selama proses hamil dan menyusui yang berdampak pada psikologis dan memiliki ikatan emosional yang sangat bagus terhadap anak dan ibu. Dengan demikian akan memperlancar program ASI eksklusif untuk ibu dan juga untuk bayi.

Dia pun meminta agar program Ayah ASI teris digaungkan di lingkungan masyarakat. Ayah pun dapat mencari informasi tentang pentingnya ASI ekslusif.

Kurniasih berharap, tips sukses Ayah ASI bisa diterapkan oleh semua keluarga yang akan membesarkan anak-anak yang sehat, kuat, serta mebesarkan anak-anak yang cerdas.

“Mudah-mudahan tips sukses ayah ASI ini bisa diterapkan oleh kita semua, keluarga-keluarga Indonesia, ayah dan bunda semuanya berkolaborasi untuk membesarkan putra-putri kita, anak-anak kita menjadi anak-anak yang sehat, anak-anak yang kuat, anak-anak yang cerdas, dan SDM berkualitas. Sehingga bisa menjadi SDM emas pada waktunya nanti mampu bersaing berhadapan dengan SDM dari negara lain,“ ucap dia.

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Artikel Ini?
+1
3
+1
0
+1
0
+1
0

Tinggalkan Komentar