Olah raga renang (Foto: Pixabay)

Ketika kamu memimpikan keturunan setelah menikah, menyiapkan prakonsepsi dengan matang adalah upaya yang baik. Untuk menunjang upayamu itu, kamu bisa melakukan olahraga agar menunjang kesuburan.

Olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh termasuk untuk kesuburan pria ataupun wanita. Alodokter menyebutkan ada berbagai studi yang menunjukkan olahraga rutin dapat meningkatkan kesuburan, melancarkan proses ovulasi dan menstruasi, serta mempersiapkan tubuh Anda untuk menyambut kehamilan dan persalinan nantinya.

Dengan rutin berolahraga, diyakini peluang kehamilan akan lebih meningkat. Ada beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan pria ataupun wanita untuk menunjang kesuburan. Berikut beberapa olahraga tersebut:

1. Berenang
Kalau kamu belum terbiasa berolahraga, sebaiknya memulainya dengan olahraga ringan, seperti berenang. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu perlu melakukannya secara rutin selama 30 menit setiap hari, atau setidaknya 5 kali dalam seminggu. Lakukan beberapa putaran saja per sesi. Meskipun terbilang ringan, tetapi berenang dapat meningkatkan kualitas sperma.

Berenang juga bermanfaat bagi wanita. Berenang mampu membantu untuk memperoleh dan menjaga berat badan ideal, serta meningkatkan kesuburan agar peluang untuk hamil semakin tinggi. Untuk mendapatkan manfaat berenang tersebut, kamu disarankan untuk melakukannya sekitar 2–3 kali seminggu.

2. Joging
Olahraga yang juga bermanfaat adalah joging. Untuk pria, dari hasil penelitian yang dilakukan, joging dinilai dapat membantu meningkatkan kecepatan, bentuk, dan volume sperma. Joging melibatkan kekuatan, fleksibilitas, dan keseimbangan, sehingga dapat meningkatkan kadar antioksidan yang bersifat melindungi sperma. Joging juga efektif dalam menurunkan lemak tubuh, khususnya lemak perut. Hal tersebut dapat meningkatkan kadar hormon testosteron pada pria.

Untuk wanita, joging merupakan olahraga sederhana yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kesuburan dan memperbesar peluang hamil. Kamu bisa meluangkan waktu sekitar 30 menit setiap hari untuk jogging, setidaknya 2-3 kali per minggu.

Selain bisa meningkatkan kesuburan, olahraga ini juga bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh, mencegah diabetes dan penyakit jantung, memperbaiki suasana hati, dan meredakan stres.

BACA JUGA: Prakonsepsi Remaja, Orangtua Punya Peran Penting dalam Pendidikan Seksual 

3. Angkat beban
Olahraga angkat beban yang dilakukan setidaknya 2 jam atau lebih dalam seminggu efektif dalam meningkatkan jumlah sperma hingga 25 persen. Penelitian juga mengatakan angkat beban mampu meningkatkan kadar testosteron dan meningkatkan sensitivitas insulin yang berkaitan dengan konsentrasi sperma yang lebih tinggi.

4. Treadmill
Olahraga lainnya untuk meningkatkan kesuburan pria adalah treadmill. Kamu bisa melakukan olahraga ini setidaknya 3 sesi per 50 menit dalam seminggu. Jika kamu rutin menjalaninya, olahraga ini dapat meningkatkan jumlah dan motilitas sperma, bahkan pada pria dengan obesitas dan gaya hidup tidak aktif bergerak.

5. Yoga atau Pilates
Cara meningkatkan kesuburan pria lainnya adalah dengan melakukan yoga atau pilates. Meskipun kedua jenis olahraga tersebut lebih sering dilakukan oleh wanita, bukan berarti pria tidak boleh melakukannya.

Yoga dan pilates merupakan kombinasi latihan kardiovaskular yang dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik secara keseluruhan. Hal tersebut mencakup pada mobilitas dan produksi sperma.

Beberapa pose yoga juga dinilai dapat membantu melancarkan sirkulasi darah sekaligus menyeimbangkan zat kimia dalam tubuh, sehingga bisa meningkatkan hormon testosteron pria. Kedua latihan tersebut dapat meningkatkan gairah seksual, sehingga memengaruhi peluang kehamilan.

Olahraga ini merupakan latihan yang berfokus pada fleksibilitas, kekuatan, serta ketahanan otot dan persendian. Selain itu, olahraga ini juga dapat membuat Anda merasa lebih rileks dan terhindar dari stres. Karena manfaat tersebut, bagi wanita, olahraha ini dianggap baik untuk melatih dan mempersiapkan kondisi fisik agar bisa menjalani kehamilan dan persalinan dengan lebih lancar.

Berbagai pose yoga juga dipercaya bisa melancarkan proses pembuahan setelah berhubungan seksual dengan meningkatkan aliran darah di area panggul, merelaksasi otot panggul, dan merangsang pembentukan hormon yang memengaruhi kesuburan.

6. Senam Kegel
Senam Kegel bertujuan untuk mengencangkan otot-otot panggul, kandung kemih, dan vagina. Senam ini baik dilakukan saat hamil dan setelah melahirkan. Namun, senam Kegel juga bisa dilakukan sebagai senam untuk program hamil. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu disarankan melakukannya secara rutin 3 kali seminggu.

Itulah beberapa pilihan olahraga yang bisa kamu lakukan agar cepat dikaruniai keturunan. Bila kamu jarang berolahraga sebelumnya, kamu bisa memulainya dengan bergerak aktif atau melakukan olahraga yang sederhana, misalnya naik turun tangga atau memperbanyak jalan kaki.

Namun, kamu tidak disarankan untuk melakukannya secara berlebihan. Pasalnya, olahraga atau aktivitas fisik yang terlalu berat justru dapat mengganggu kesuburan. Agar program kehamilanmu semakin lancar, disarankan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan.

Leave a comment