Rambut Bayi (Foto: Pexels)

Ketika bayi lahir ke dunia, tidak semua bayi memiliki rambut yang lebat. Beberapa memiliki rambut yang tipis dan memiliki pertumbuhan yang lambat. Hal itu mungkin saja membuat orang tua khawatir soal pertumbuhan rambut si buah hati.

Kemudian, beberapa orang tua memilih mencukur habis rambut anaknya dengan harapan rambut bayi akan tumbuh lebat dan tebal setelah dicukur. Lalu, benarkah mencukur rambut bayi akan membuat pertumbuhan rambutnya semakin lebat? Atau hai itu hanya mitos belaka?

Dikutip dari laman University of Utah Health mencukur rambut bayi tidak akan membuat rambut bayi tumbuh lebih tebal atau lebat. Dokter spesialis anak dr. Cindy Gellner menjelaskan tebal atau tipisnya rambut seorang anak tergantung pada genetiknya.

“Mencukur atau memberinya ramuan khusus tidak akan membawa perubahan berarti. Satu-satunya hal yang dapat membuat karakter rambut seseorang berubah adalah ketika ia harus menjalani kemoterapi,” kata Cindy.

The Asian Parent menyebutkan tindakan mencukur rambut bayi demi mendapatkan rambut yang lebih tebal dikatakan tidak memiliki dasar argumentasi ilmiah. Ahli Trikologi di Singapore’s Philip Kingsley Trochological Center, Leonica Kei menyebutkan tekstur atau tebal tipisnya rambut seorang anak dipengaruhi faktor genetik yang sudah ditentukan sebelum ia lahir. “Bayi terlahir sudah dengan folikel rambut yang akan selamanya mereka miliki,” kata dia.

Ia menjelaskan folikel rambut merupakan kantong-kantong sel yang ada di bawah permukaan kulit kepala yang nantinya akan memproduksi rambut. Ukuran folikel ini menentukan tebal atau tipisnya rambut seorang bayi. Semakin besar folikel, maka semakin tebal rambut yang akan tumbuh nantinya.

Sementara banyaknya jumlah folikel yang ada, itu lah yang akan menentukan banyak atau sedikitnya rambut seseorang. Oleh karena itu, mencukur atau menggunduli rambut tidak akan berpengaruh apa pun.

Kalau kamu ingin mencukur rambut si kecil, berikut beberapa tips yang akan berguna:

1. Pilihlah waktu yang tepat
Ketika akan mencukur rambut bayi, sebaiknya memilih waktu yang tepat misalnya ketika bayi terlihat tenang atau bahagia. Ketika bayi terlelap mungkin dapat menjadi pilihan waktu terbaik karena mereka tidak akan banyak bergerak. Selain itu, pastikan juga bayi berada dalam keadaan kenyang agar ia tidak terbangun dan rewel ketika dicukur.

2. Posisikan bayi dengan aman dan nyaman
Posisikanlah bayi dengan aman dan nyaman. Posisi ini agar bayi tetap tenang dan agar kepalanya tidak terkilir. Kamu bisa menaruh handuk kecil sebagai alas di bawah kepalanya. Selanjutnya, angkat kepala bayi sedikit dan cukurlah secara perlahan.

3. Terlebih dahulu gunting rambut yang panjang
Potonglah rambut bayi yang panjang terlebih dahulu. Lakukanlah dengan hati-hati agar mereka tidak terkejut. Pastikan bayi tetap tenang dan nyaman agar proses mencukur berjalan lancar.

4. Basahi sedikit rambut bayi
Sebelum mencukur, kamu bisa membasahi sedikit rambut bayi. Membasahi rambut akan memudahkan untuk mencukur rambutnya. Usapkan sedikit air secara perlahan pada rambut bayi.

5. Gunakan trimmer rambut bayi
Ketika akan mencukur rambut bayi, lebih baik menghindari menggunakan pisau cukur biasa karena dikhawatirkan akan melukai kepala bayi. Gunakanlah trimmer rambut yang memang dikhususkan untuk mencukur rambut bayi. Selain itu, alat ini juga merupakan pilihan yang jauh lebih aman.

6. Cukur sisa-sisa rambut
Cukurlah sisa-sisa rambut bayi dengan trimmer rambut. Kamu bisa memulainya dari bagian belakang kepala. Cukur rambutnya dari tengkuk ke atas, kemudian mencukur bagian atas kepala dari depan ke belakang. Jika bayi terbangun, kamu dapat mengalihkan perhatiannya dengan menggunakan mainan bayi.

Namun, mencukur bayi ketika mereka bangun harus dilakukan dengan ekstra hati-hati karena bayi bisa melakukan gerakan secara tiba-tiba. Jadi, sebaiknya hentikan proses mencukur jika bayi terbangun dan menangis.

7. Mandikan air hangat
Setelah dicukur, mungkin banyak rambut-rambut yang menempel pada tubuh atau pakaian bayi. Oleh sebab itu, mandikan bayi dengan air hangat untuk menghilangkan semua rambut yang menempel. Agar bayi bisa tidur dengan nyaman dan tidak gatal.

8. Pijatkan baby oil
Jika sudah mandi, pijatkan sedikit baby oil pada kepala bayi untuk mencegah kulitnya kering dan gatal. Metode ini juga akan membantu menenangkan bayi. Namun, bila kamu ragu untuk mencukur rambut bayi sendiri, kamu bisa membawanya ke salon khusus bayi.

Terdapat berbagai salon dengan para tenaga profesional yang biasa mencukur bayi. Rambut mereka pun akan dicukur dengan hati-hati sehingga risiko kepala bayi terluka akan berkurang.

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Artikel Ini?
+1
2
+1
1
+1
0
+1
0

Tinggalkan Komentar